Banyuwangi coret

Banyuwangi coret

Hari ini jam 8 ada acara penutupan Diklatsar XXVIII MAHITALA UNPAR. Katanya anak-anak pada mo dateng ksono, dan janjian di sel jam setengah delapan. Gua sih yang nentuin jam setengah delapan, tapi gua sendiri datengnya baru jam 8 soalnya telat bangun, hehe. Asli ini mah, bener-bener telat bangun, bukan males. Ternyata jam segituan Torah ma Andre lagi nyari dana bantuan buat Jember dan Banjarnegara di sabugeng. Ini hari terakhir sebelum ntar sore bakal disetor ke anak KBPA.

Ada cerita lucu nih. Ga lucu sih, tapi goblok. Kita ngumpulin dana Jember dan Banjarnegara sejak beberapa hari yang lalu. Kemaren-kemaren karena jumlah personelnya rada banyak, kotak kardus sumbangannya juga banyak. Salah satu kotak dari tiga kotak, ditulisnya ma si Pa Dhe. Dia bukannya nulis ‘Jember dan Banjarnegara’, tapi ‘Jember dan Banyuwangi’. Menyadari kesalahannya, dia nyoret kata Banyuwangi dan diganti jadi Banjarnegara, tapi nyoretnya ga niat, jadi ‘Banyuwangi’-nya masih bisa kebaca orang. Hihi… tolol aja kan kalo kebaca ma orang.

Itin ma Doncoy hari ini misa di gereja di Lembang. Baliknya mereka belanja di Pasar Lembang, niatnya buat masak-masak di sel. Katanya Anna si super DU mo latihan masak. Masak sekarang cepet, ga kaya waktu masak sama mba may. Soalnya masak sekarang tuh simpel, jadi ga butuh banyak waktu buat ini itu. Walopun simpel makanannya enaaaaaaaak banget. Aseli. Gua percaya lah ma anak-anak yang bilang kalo masakan Itin tuh paling enak se-KMPA.

Balik dari sel, di angkot caheum-ledeng gua ketemu ma Billy anak tambang 2003. Rambutnya masih keriting dan kulitnya masih item. Artinya dia ga rebonding dan ga operasi plastik. Gua ma dia ga kenal-kenal amat, dia aja nyangkanya gua anak TL, dan kayanya dia juga dah lupa nama gua. Tapi kita ngobrolnya aik banget loh, mana stereo lagi…

Mo ke mana Bil? Balik?

Ga, mo ke rumah temen, di daerah yudha wastu pramuka, apa sih tuh nama daerahnya?

Ih, itu daerah PPI.

Kalo kosan gua mah di situ tuh, di plesiran. Lu mo ke mana?

Balik.

Mang rumah lu di mana?

Awiligar.

Wah, jauh-jauh pisan. Heuheu, padahal gua ga tau itu di mana, sotoy aja ngomong ‘jauh-jauh pisan’ hehe..

Iya sih, emang jauh.

Eh kemaren-kemaren kulap ya? Berapa hari?

Tiga hari

Di mana?

Di daerah Banten. Gila, cape bgt tau.

Emang ngapain aja?

Ya cuman liat-liat aja proses penambangan di perusahaan-perusahaan. Kita nginepnya di Pelabuhan Ratu.

Wah, asik dong kalo cuman liat-liat doang mah. Tapi pasti garing ya, cowo semua gituh…

Iya sih garing, cowo semua, tapi asik loh bisa main bola. Eh gua dapet hadiah loh..

Hadiah apa?

Jadi waktu di sana ada award buat mahasiswa terbaik, ato mahasiswa apa lah… Banyak juga sih awardnya. Soalnya yang ikut juga banyak, anak eksplorasi dan tambang umum 2003, trus agkatan atas yang ngulang juga banyak, belum anak S2 juga ikut. Kemaren tuh kulap gabungan beberapa mata kuliah.

Oh… Eh, katanya Manda mo ke Bandung loh…

Wah, yang bener. Ntar kasih tau gua ya.

Ya deh, ntar kalo dia dah di sini gua suruh sms lu.

Dia ko ga sms gua ya? Apa jangan-jangan dia bingung nomer gua yang mana ya..?

Iya kali. Mendingan lu aja yang sms dia.

Mang nomernya yang mana sih?

Masih m3 yang dulu kok.

Dia di sana manteb abis lah kuliahnya. Dia jurusan Geodesi di sono. Kalo di sini kan dia males-malesan.

Sayang ya, padahal gua pengen masuk TL.

Lah, kenapa lu bisa jadi nyasar ke tambang?

Disuruh ma bokap gua. TL-nya disimpen di pilihan kedua. Kata bokap gua juga paling ga akan tembus tambangnya, pasti yang tembus TL-nya. Padahal tembus, hehehe..

Yah, lagian sama-sama aja kali bidang kerjaannya mah. Bedanya tambang yang ngerusakin, TL yang benerin. Ya ga?

Iya ya, hehe.. Eh, lu anak TL?

Ga, biologi.

Eh, betewe mo KP di mana?

Ga tau. Gua mah ikut-ikutan yang lain aja. Di jurusan gua kan KP ga wajib. Gua juga masih ga tau bakal KP apa ga, soalnya males kalo harus bolos lama-lama gituh

Iya, tiga bulan… Lu ga nyoba ke Freeport? Si Hendra kan bakal langsung keterima di sono, soalnya kenal ma HRD Freeport, dan katanya bakal ‘diselesaikan secara adat’, hehe…

Gua juga pernah ditawarin ma HRDnya, gua kan putra daerah.

Oh, lu putra daerah ya? Kalo si Hendra?

Iya sama. Kita sama-sama putra daerah II, soalnya kita darah Papuanya ga murni. Nyokap Hendra orang Solo, nyokap gua orang Surabaya.

Oh, gitu ya… mang beda haknya apa?

Ya sama aja sih, cuman beda prioritas aja. Lu tau Stera kan? Dia tuh sebenernya orang Ambon, tapi karena dari kecil di Papua dia jadi putra daerah juga.

Oohh…

Kalo gua sih pengennya ke Total, perusahaan minyak yang di Balikpapan. Pengen juga sih ke Freeport, tapi denger cerita dari senior gua katanya di sono hidupnya menderita.

Hah, menderita gimana?

Pertama suhunya dingin banget, ketinggiannya kan di atas 2000. Dah gitu ruang lingkup hidupnya tuh di situ-situ aja, soalnya terpencil. Trus makanannya juga tiap hari makanan bule-bule gitu. Tiap hari disuruh makan steak, tapi dari daging yang ga seger, yang dah dibekuin selama beberapa bulan gituh.

Ih, gua tuh ga suka banget makanan-makanan bule gituh. Gue pernah dikasih kue apa gitu, trus gua muntahin.

Di Papua banyak ya produksi makanan bule gituh?

Iya, di daerah terpencil kan banyak bule yang kerja…

Lu kayanya lebih suka dikasih makan kue sagu ya?

Iya, kue sagu yang dicelupin ke air teh jauh lebih enak daripada kue bule itu.

Hahahaha… Lu pernah makan ulet sagu ga?

Asalnya sih dulu mo makan, tapi setelah gua liat temen gua makan ulet itu, gua jadi ilfil.

Mang napa?

Pas digigit, cairan ulat itu muncrat. Kan gua jadi males makannya.

Eh, gua turun bentar lagi.

Mang jalan apa sih? Cikaso?

Cisokan. Ntar gua naik ojek aja ke sana. Gua mo transfer data dari digicam nih.

Hati-hati ya, di situ spooky grumpy loh…

Ah masa?!

Iya, gua kan SMP di sono. Tapi masa anak tambang takut begituan, hehehe…

Duluan ya. Dah…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s