Hari ini Agung nikahan euy.. Pengen banget sih dateng ke nikahannya. Tapi fisik gua ngedrop pisan hari ini. Gua titip salam aja lewat anak-anak kali ye. Berani taro, acara resepsi nikahan Agung bakal jadi arena balas dendam anak KMPA buat makan makanan yang enak-enak, setelah selama 10 hari bergelut di hutan dan makan makanan seadanya.

Haha.. Pasti malu-maluin. Kita mah emang selalu brutal di acara begituan. Ga bisa liat makanan bentar, pasti langsung diserbu, dasar kampring 😛 Bisa diliat kilas baliknya di nikahan Riza dan nikahannya Diki. Di nikahannya Riza sih kita rada behave, ga terlalu malu-maluin, cuman brutal aja pas sesi poto-poto. Dasar fototaksis! Yang gila tuh di nikahannya Diki. Gara-gara pengen kepoto, kita sampe ngeloncat-loncatin karangan bunga yang terletak di depan kedua mempelai. MC-nya sampe bilang Jangan-jangan KMPA singkatan Keluarga Mahasiswa Perusak Alam. Ya, anda benar!

Mungkin panitia yang fisiknya paling drop adalah gua ma Luci. Kita berdua bener-bener full 10 hari di lapangan. Ga pake acara pulang-pulangan ke kota. Longmarchnya juga full teng. Jangan salah loh, longmarchnya naujubileh. Oneng ma Saiko aja nyerah di hari longmarch ketiga. Tapi buat gua itu bukan apa-apa. Ngemeng nih ceritanya, hehehehehe 😛

***

Tadi malam dini hari ayahanda Hadi meninggal dunia akibat sakit yang beliau derita. Rima mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya. Mohon maaf gua ga bisa ikut solat dan melayat. Semoga arwah beliau diterima disisiNya, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketegaran oleh Allah SWT. Amin.

***

Satu berita duka lagi. Mami cerita kalo anak temen mami yang namanya Ceu Nining meninggal dunia minggu kemarin. Waktunya hampir bertepatan sama waktu keberangkatan gua ke Sanggara. Namanya Ronald, meninggal akibat kecelakaan motor di Jalan Pahlawan. Awalnya gua ga ngeuh, Ronald siapa. Tapi setelah disebutin ciri-cirinya akhirnya gua ngeuh juga. Dia adalah orang yang selama bertahun-tahun ini sering seangkot odong-odong ma gua. Beberapa hari sebelumnya gua sempet duduk sebelahan ma dia di angkot.

Orangnya cakep, sederhana, dan pintar. Mahasiswa jurusan Arsitektur UNPAR yang beberapa hari lagi akan memakai toga dan menerima gelar sarjananya. Sejak gua SMP gua dah sering seangkot bareng dia. Gua ga nyangka banget dia anak temen si nyokap. Waktu gua SMP dia SMA. Seinget gua dia SMA di Santa Maria, karena gua masih inget seragam batik yang dia dan adiknya pakai. Seragam batik Yayasan Salib Suci. Pas gua SMA, dia dah kuliah. Keliatan dari stelan baju bebasnya dan tabung panjang yang kadang dia bawa, khas mahasiswa arsitektur. Yang menarik dari dia yang gua perhatikan adalah pakaiannya yang setiap hari sama: baju flanel kotak-kotak. Baju yang dia pakai di hari terakhir gua ngeliat dia adalah baju yang sama dengan empat atau lima tahun lalu. Kata si nyokap itu baju kesayangannya, sampe-sampe jadi trademark dia di depan orang-orang dan para dosen.

Dia berasal dari keluarga mampu, tapi bertahan dengan gayanya yang sangat sederhana. Setiap hari memakai baju yang sama. Setiap hari naik turun angkot, sementara orang tua dan adiknya mengendarai motor dan mobil. Di saat handphone jadi barang primer, dia ga pake. Handphone pemberian nyokapnya malah dikasihin ke adiknya. Dan kata si nyokap, kadang dia pulang ke rumah jalan kaki dari Pahlawan, mungkin sekedar ingin tahu bagaiamana rasanya jadi orang miskin.

Walopun belum pernah mengenal dia, gua tau dia orang yang charming. Keliatan dari mukanya yang bersinar dan emang nunjukin ke-charming-annya. Manusia paling charming yang pernah gua temui walopun gua ga pernah kenal dia. Mungkin kalo gua dan dia seagama gua dah ngeceng dia sejak jaman SMP dulu. Sayang banget manusia kaya dia mesti pergi cepet-cepet dari muka bumi. Tapi gua yakin dia sudah mempersembahkan yang terbaik bagi keluarga dan lingkungannya pada tahun-tahun yang berhasil dia lalui di bumi. Mudah-mudahan dia mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan. Amin.

Leave a Reply

