Metro Files edisi Soe Hok Gie

Tadi malem METRO FILES mengangkat profil Soe Hok Gie. Acaranya disiarin jam 20, tapi gua baru nonton jam 20.30 itupun ga sengaja gara-gara gua mencet-mencet remot tv seenak bagong. Salah satu kebiasaan gua yang ga jelas kalo lagi nonton tv di rumah.

Tayangannya bersifat dokumenter, banyak nampilin foto dan video Gie jaman kuliah dulu. Salah satu video nampilin juga wajah Inge, cewenya Gie jaman kuliah. Oh, ini toh yang namanya Inge. Selama ini gua cuman pernah denger namanya aja dari ceritanya Bang Herman. Di tayangan dokumenter ini ditampilin semua opini orang-orang terdekat tentang Gie. Makin cinta deh ma Gie.

Abdullah Dahana (sahabat Gie)

Soe Hok Gie banyak bergerak di belakang layar dalam aksi-aksi kemahasiswaan.

Boeli Londa (sahabat Gie)

Soe Hok Gie sangat menentang tindakan-tindakan yang tidak berprikemanusiaan.

Siane (adik Gie)

Menurut Gie kaum wanita harus dihormati. Pandangan Gie terhadap wanita sangat naif. Gie punya banyak pacar, salah satunya Inge. Gie kecewa karena Inge dijodohkan dengan lelaki lain oleh orang tuanya.

Luki Sutrisno (sahabat Gie, Sastra UI 67)

Kita sama sekali tidak pernah pacaran.

Haifa Shahab (sahabat Gie, Sastra UI 68)

Gie pemalu dalam urusan percintaan. Ia agak sulit mengungkapkan sesuatu secara emosional. Untuk menunjukkan rasa sayangnya, ia akan memperhatikan orang itu.

Aristides Katoppo (sahabat Gie, tim Semeru 69)

Suatu ketika saat mendaki Semeru Gie berucap Saya takut.

Herman Lantang (sahabat Gie, tim Semeru 69, pendiri MAPALA UI)

Kami punya kebiasaan naik gunung. Kami sering membaca literatur-literatur berbahasa Belanda tentang gunung-gunung, khususnya Semeru. Ketika mengetahui ia telah tiada, I wish it is not true. Namun jiwa dan semangan Hok Gie terus hidup dan bahkan sekarang bangkit kembali.

Advertisements

One thought on “

  1. Ada yg punya film dokumenter a house in the jungle?
    Udh 4tahun nyari2 film itu gk dpt bahkan metro files gk bisa di buka pencarian pas tayangin film dokumenter soe hok gie yg asli.
    Tolong dong yg punya video nya saya mohon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s