Os dan Nimpea

Setelah baca tulisan Aki Piki, gua jadi inget juga neh jaman-jaman os dulu, yang konon katanya “os” terakhir di Nymphaea, hihihihi…

Ini ada sedikit sisa-sisa PPLN yang masih bisa dipelototin. Sejak beberapa tahun lalu nama ‘diksar’ diganti jadi ‘PPLN’ (Program Pengenalan Lapangan Nymphaea). Untuk memperhalus kesannya meureun…

Foto-foto ini ditake oleh papanya Agni. Waktu itu Agni jadi ketua PPLN: manusia yang paling dibenci selama 14 hari penuh. Untung aja ada papapnya Agni, kalo ga, kita ga punya memori ttg PPLN yang hina ini…

Dulu, sampe segininya nih perjuangan demi menjadi ‘anggota aktif’ Nimpea. Soalnya dulu katanya anggota pasif begini lah… begitu lah… Ga bisa ini lah… ga bisa itu lah…

Gua pikir ‘ancaman’ itu beneran. Ga taunya ee kucing.

Beberapa bulan setelah pelantikan, para anggota aktif baru pada muncul dari tempat persembunyiannya. Katanya mah pada trauma sama yang kuning-kuning. Males banget lewat himpunan, males ngeliat tampang-tampang yang dulu suka ngebentak-bentak kita ga jelas, ngepush-up, dan ngajak kita keliling kampus bawa-bawa batu bata tiga biji.

Ternyata interval antara pelantikan sampe kemunculan orang-orang ini menjadi sebuah kesempatan bagi ‘anggota lain’ untuk masuk. Hingga akhirnya… invasi pun terjadi. Keadaan berbalik. Siapa yang berhak apa, dan siapa yang berkewajiban apa akhirnya tidak jelas.
Badan Pengurus kemudian dibentuk. Momen ini menjadi penyemangat baru bagi anggota-anggota yang terlanjur merasa disingkirkan. Nymphaea kembali ramai oleh kehadiran anggota-anggotanya.

Namun kebahagiaan ini tidak berlangsung lama. Lagi-lagi… hal yang sama terjadi: hak-hak kembali dirampas, ‘strata’ yang ada kembali tidak dihargai. Bukannya kami ingin menganggap diri kami lebih baik daripada mereka, tapi hanya ingin menagih komitmen atas keputusan yang pernah mereka pilih beberapa saat silam. Saat kami bertahan melawan dinginnya udara pegunungan. Saat mereka bisa ongkang-ongkang kaki di rumah sambil nonton MTV dan minum teh manis panas di atas sofa.

Gua memang bawel tentang masalah ini. Sama bawelnya dengan anak-anak lain yang merasakan hal serupa. Pernah ada yang mencoba mengangkat hal ini ke permukaan. Dan seperti yang diprediksikan sebelumnya: terjadi insiden pundung-memundung, kerjaan pun jadi kacau-balau.

Ya sudahlah… memang begini stereotipnya, mau gimana lagi?
Ngomongin masalah ini emang ga akan ada habisnya. Coba aja tanya ma angkatan-angkatan sekarang. Kalo mereka jujur, mereka pasti mengutarakan hal yang sama. Sekarang malah makin gila. Orang yang dulu ogah-ogahan diajakin ikutan os atau bahkan sekedar ‘interaksi’, sekarang merasa pede berat pengen nyalonin diri jadi kahim. Yang paling gress: anak 2004 yang sama sekali belum pernah dateng ke interaksi (apalagi os… apalagi PPLN…) sekarang dengan pedenya pake jaket kuning, teriak-teriak di depan anak 2005 dengan harot. Mereka ga malu.

Jangan bilang “lu jangan cuman ngomel-ngomel aja di belakang, ngomong langsung!”. Basi!!!! Dah berapa kali diomongin… Timpalan yang muncul paling “yah… daripada himpunan ga ada yang ngurusin…”

Selama ini orang-orang tua banyak yang berpikiran “ngapain kamu susah-susah jadi anggota aktif tapi kenyataannya kamu ga aktif?”. Ini juga pemikiran BASI! Justru mereka begini karena ‘mereka’.

Ah udah deh… males ngomonginnya lagi..

Jadi menurut gua, apa yang menguntungkan dari os adalah cerita-ceritanya, pengalaman hidupnya, kotor-kotorannya, dan bukan status apa yang nanti bakal didapet. Biarlah sekarang himpunan apa adanya. Ini pilihan mereka sendiri. Di mata gua, saat ini Nymphaea bukan apa-apa.

Buat yang merasa kesepet dan sakit hati ma tulisan gua ini, sori aja ye… Namanya juga kebebasan berekspresi :p

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s