Kecoa


sumber gambar

Apa yang kamu pikirkan tentang kecoa? Hiyaks… geuleuh, bau, kotor, dan jijay-bajay. Lalu apa yang terjadi jika cewe-cewe diharuskan ngakekewek alias megang-megang kecoa? Ya udah pasti… dihasilkan teriakan-teriakan paranoid. Ini yang terjadi hari ini di lab instruk.

Praktikum biper kali ini tentang perilaku kecoa. Yah, Bu, kenapa mesti kecoa sih? Kenapa ga hewan lain aja yang lebih manusiawi.

Ya justru karena kalian takut kecoa. Supaya kalian bisa mengatasi permasalahan seputar kecoa kalo ntar dibutuhin… Di biologi ga ada jiji-jijian ya…”


sumber gambar

Nama latin kecoa adalah Periplaneta americana. Seumur-umur baru denger nama ini sekarang. Keren juga namanya. Peri = pinggir, planet = planet, america-na = america-nya (sundanese). Jadi Periplaneta americana bisa diartikan hewan yang hidup di pinggir planet yang ada amerikanya. Halah, tong serius pisan atuh, heureuy ieu mah…

Ada tujuh bagian di praktikum kali ini. Gua kebagian ngegambar morfologi kecoa dilihat dari bagian dorsal dan ventral. Parno juga sih. Jadinya gua ngegambar sambil keringetan, takut si kecoanya kabur dan melakukan gerilya.

Hampir di tiap kelompok terjadi aksi pengejaran kecoa yang kabur. Cowo-cowo biologi yang jumlahnya cuman seumprit itu bersama cewe-cewe jagoan dengan heroiknya menangkap kecoa-kecoa gila itu dan memasukkannya kembali ke dalam plastik atau akuarium. Gua dan hampir semua cewe hari itu jadi latah dan paranoid berat. Dikit-dikit ada yang teriak, pasti refleks langsung ikutan teriak, hehehe… Kebayang kan rame kaya apa itu lab?

Kecoa adalah hewan nokturnal, berarti saat praktikum harusnya kecoa itu bobo dengan nyenyak di kosannya yang lembab dan bau. Kasian juga sih, udah mah diganggu waktu bobonya, kakinya dicet, udah gitu kakinya dipotong, udah gitu dibuang ke tong sampah. Hidup yang disia-siakan. Tapi da rek kumaha deui… maenya dikultur? Bisa gila…

Anak-anak mulai mabok kecoa gara-gara ngakekewek kecoa. Daripada stress, mendingan poto-poto. Kelompok kita (kelompok Narcissus) akhirnya menggelar photo session with cockroach. Kita dipoto satu-satu dan bergaya sambil megang kecoa, hehehe… kelompok yang aneh. Sayang euy, fotonya belum bisa diupload. Ntar lah gua adain exponya di blog ini, heuheu…

Advertisements

3 thoughts on “Kecoa

  1. woaa…. morfologi kecoa domestik (nggak semua kecoa Periplaneta lho.. sorry sok tahu, bawaan lahir)… Coba kalau kita punya Madagaskar hissing cockroach, pasti nggak pake lari2an.. (asli, peaceful banget itu kecoa, meski gedhenya sama sekali nggak manusiawi.. kecoa master zen!)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s