Nostalgila Situ Ciburuy


Hey hey hey… si gua baru balik dari Jkt neh. Akyu bersyukur kembali ke Bdg yang walopun banyak sampah berserakan tapi tetep asoy geboy….. Ampun dah,,, makin panas aja tuh ibukota. Tobat dah gua kalo disuruh tinggal di sana lebih lama lagi.

Perjalanan pulang dari Jkt kita tempuh lewat jalur Puncak. Bosen ah Cipularang melulu… Ga deng, emang kebetulan aja kita mampir dulu ke Depok, jadi mendingan lewat Puncak aja pulang ke Bdg-nyah.

Trus yah,, di jalan, sehabis melintasi tebing-tebing Citatah dan waduk Saguling yang penuh kenangan semasa GM, gua ngelewatin Situ Ciburuy, temennya Situ Oke?! (hueks.. apaan seh?) Kalo si nyokap bilangnya Cisituburuy (harusnya Situ Ciburuy). Wekekekekek… nyokap gua kadang emang suka lucu banget….

Gua jadi teringat nostalGILA dua tahun lalu di danau ini. Kalo kamu membayangkan hal-hal romantis, kamu salah besar :p… Dua tahun lalu saat libur Sabtu-Minggu, gua bareng beberapa anak KMPA ngegotong perahu karet dari Bandung ke sini buat latihan ORAD. Walopun ga ketemu sama arus-arus liar, hole-hole yang bikin tegang, dan air sungai yang bau, cemplung-cemplungan air kali ini asik juga. Latihan flip-flop dan jadi driver… bari jeung sampe sekarang ga bisa-bisa (emang ga niat aja belajar ORAD-nya, huehehe..).

Yang bikin menarik dan berkesan adalah pada latihan ini untuk pertama kalinya gua naik kano. Saat itu lagi ada pasukan BRIMOB yang lagi latihan sebrang-basah. Trus ada instruktur-instrukturnya yang jail-jail sambil naik kano. Trus dengan sok iyeh dan sok kenal, kita bilang kita pengen nyoba naik kano. Hehehehe…. aji mumpung nih, mumpung nyemplung di air maksudnyah…

Naik kanonya gantian. Seputeran-seputeran. Si instrukturnya dah rada tua, bapa-bapa seumuran 40-45 taunan lah. Ini yang bikin kita ngerasa ga canggung sama bapak itu. Pas banget giliran gua naik kano dan belajar ngedayung alat transportasi air itu, para anggota muda brimob nyemplung ke danau. Karena masih baru kali ye… mereka keliatan agak panik, ada yang megap-megap, ada yang mo tenggelam, ada yang de el el.

Ngeliat apa yang terjadi, si bapa instruktur mengarahkan kano yang berisi hanya dua orang itu menuju tempat penyebrangan basah. Oiya, buat yang ga tau apa itu penyebrangan basah, ini adalah salah satu teknik menyebrang alam bebas pada medan basah. Caranya adalah dengan menggelar ponco, lalu meletakkan dan menata barang-barang sedemikian rupa di atasnya, setelah itu lalu mulai men-‘dodol’. Wekekekek… ini bahasanya Heidy. Maksudnya adalah mengemas, jangan sampai bungkusannya kemasukan air. Dodol-dodol ini juga bakal dijadiin pelampung selama berenang… begicu loh…

Back to the story. Begitu tau ke mana kano itu mengarah, gua langsung teriak sama si bapanya. “Waduh Pak… kok ke situ? Belok dong… belok….”. Trus si bapa dengan entengnya menjawab sambil ketawa “Udah deh mba, gapapa… biar mereka malu kalo tenggelam… biar mereka semangat berenangnya”. Wekekekek….. dasar, instruktur yang usil.

Tapi akhirnya si bapa menyerah juga setalah gua merengek-rengek untuk kembali bergabung dengan temen-temen yang lagi asik nyemplung pake pelampung. Pas kembali bergabung sama mereka, mereka ngetawain gua gara-gara kejadian itu. Hihihihi… pengalaman yang aneh, tapi berkesan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s