Dolan neng Solo 280706: Solo, Here I Come

Gova dulu, Gova sekarang

Kalo sama anak Gova mah, yang tiga hari jadi satu minggu, yang satu minggu jadi dua minggu. Kayanya seneeeeeng banget nahan-nahan orang buat pulang ke tempatnya masing-masing. Gua jadi inget tragedi setaun lalu, ketika mereka nyumputin kerirnya Hadi, dan kita jadi memperpanjang nginep beberapa hari lagi di sana. Mungkin tragedi serupa bakal terulang , bukan karena kerir disumputin, tapi karena emang kitanya aja yang ga mau pulang.

Iya, kita ke Gova lagi. Temen-temen-Solo-ku ini emang ga ada matinye, bikin kita pengen main terus ke Solo. Berbeda dengan tahun lalu yang misinya 100% hura-hura: jalan-jalan, mendaki gunung, sambil sedikit ngeceng-ngeceng di kota orang, tahun ini kita membawa misi untuk menjadi juara. Nama lombanya Gopala Valentara National Tracking Competition II ( GVNTC II ): Junjung Tinggi Spotifitas.

Ini adalah lomba tahunan yang diadakan oleh Gova (Gopala Valentara: Perhimpunan Mahasiswa Fakultas Hukum UNS). Tahun ini adalah tahun keduanya. Tahun kemaren kita ga ikutan, soalnya belum kenal dan belum gaul seperti sekarang ini, haha…

Ini adalah ketiga kalinya gua main ke Gova. Kunjungan pertama tahun lalu lebih mirip “numpang” dibanding silaturahmi. Kita saat itu lagi jadi musafir, yang merangkak-rangkak dari Gunung Merbabu menuju Gunung Lawu, dan kemudian bertemu dengan pangeran berkuda putih di kampus UNS.

Kunjungan yang kedua cuman sebentar, yaitu saat ada lomba yang mirip dengan lomba kali ini, yang diadain sama MEPA (Mahasiswa Ekonomi Pencinta Alam UNS). Saat itu lagi masa kuliah, jadi kita ga sempet lama-lama di Solo. Waktu itu gua jadi atlet, dan gua bersumpah ga mau lagi jadi atlet.

Kunjungan yang ketiga ya sekarang ini. Mereka tidak banyak berubah. Masih ramah dan seru seperti sebelum-sebelumnya. Anak-anak baru yang dulu culun-culun sekarang sudah tidak culun, haha… Jo yang dulu gondrong sekarang jadi botak dan suka pake kacamata gaul, seiring dengan perubahan lagu yang dinyanyikan bersama gitarnya: dari lagu-lagu Siti Nurhaliza menjadi lagu Serieus Band. Adit jadi tambah keren, soalnya sekarang Pa Ketum ini kulitnya jadi item. Perubahan lainnya adalah jumlah ikan di akuarium Gova sekarang tambah banyak.

Tehnikal miting….

Berada di ruang sidang bersama banyak orang dan mahasiswa-mahasiswa Fakultas Hukum menimbulkan sensasi yang berbeda. Asa jadi terkesan serius. Mungkin ini adalah efek dari adanya lambang Garuda Pancasila pada backdrop (walopun cuma sepotong karena ketutupan spanduk), juga bendera Merah-Putih, serta mimbar kayu berukiran Jawa, dan tak lupa foto Bapak Presiden dan wakilnyah.

Acara TM hanya wajib diikuti oleh semua peserta. Tapi berhubung gua dan Anna adalah ofisial yang baik hati serta penyabar dan gemar menabung, kita ikutan juga ber-TM-TM-an ria. Panitia, peserta, dan ofisial bersama-sama membahas aturan main perjuangan esok hari. Semuanya dibahas poin demi poin, dan setiap poin harus disetujui secara mufakat (gile, PPKn banget ya bo…).

Sebenernya TM bisa berjalan dengan cepat, andai saja tidak terjadi debat kusir yang dipelopori oleh orang-orang caper yang pengen eksis. Mending kalo debat kusirnya ngomongin masalah penting, ini cuman ngeributin gimana kalo ada yang curang ini curang itu. Wealah mas.. mas… hare gene masih mikirin curang-mencurang? Basi.

Tuh kan bener… banyak orangnya… tapi kok semuanya pada nunutan begitu ya? “Ya udah, Ko, kita lanjutin aja ngisi TTS-nya”. Waduk ketang…. ga ada TTS-TTSan, itu yang lagi dibaca adalah buklet berisi draft peraturan dan lain-lain yang menyangkut dengan lomba.

Parameter penilaiannya ada dua, yaitu speed dan kuesioner, masing-masing berbobot maksimal 60 dan 40. Untuk speed, peserta pencapai finish pertama akan mendapat poin 60, kedua 58, ketiga 56, dst. Terdapat 5 pos inti dan 2 pos bayangan. Pos bayangan dimaksukan agar meminimalisir kecurangan “motong jalan” oleh peserta yang sudah mengenal medan trek sebelumnya. Pada 4 pos pertama bakal dikasih total 80 petanyaan berbobot masing-masing 0,5 poin.

Berangkat….


Sok atuh atlet pada naek treuk, ge berangkat. Sok lah, ofisial dan tim hura-hura mah ngeliatin aja dari sini…. Ntar kita nyusul. Semoga selamat sampai tujuan…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s