Life of Pi

Life of Pi versi Indonesia dan versi asli

Gua pertama kali liat buku ini di Jalan Pasar Kembang, Jogjakarta. Tidak dijajakan, karena memang tidak ada toko buku di sana. Ini bukunya Bule, hadiah dari cewenya. Jangan pikir macam-macam tentang keberadaan kami di jalan ini. Kami hanya sedang mencari minimarket terdekat dari stasiun kereta yang buka pukul 4 pagi.

Buku yang menarik. Gua dapet buku ini di ER –taman bacaan favorit gua. Banyak banget penghalang dalam usaha penyelesaian membaca buku ini. Saking lamanya, gua ngembaliinnya pun telat 10 hari dan didenda 7400, tapi karena gua CS-an sama yang lagi jaga, dendanya cukup 6000 sajah….

* * *

Yann Martel dan Life of Pi yang memenangkan penghargaan tahun 2002

Buku ini menceritakan tentang Pi Patel, seorang survivor yang hidup selama lebih dari tujuh bulan dan berhasil menghindar dari maut. Mungkin kamu akan menganggap ke-survive-annya biasa-biasa saja, tapi kalo kamu tau ternyata dia berada di atas sekoci bersama seekor harimau, hyena, zebra, dan orang utan –terapung-apung di Samudera Pasifik–, mungkin kamu akan berkata lain.

Pada bab 99 –bab kedua dari belakang– dengan sangat cerdas, Yann Martel –sang penulis– ‘mengendalikan’ Pi untuk menceritakan cerita lain yang merupakan analogi dari cerita pada 98 bab sebelumnya.

Tukang Masak Perancis adalah Hyena.
Ibu adalah Orang Utan.
Si Pelaut adalah Zebra.
Pi Patel adalah Harimau.
(Tidak diceritakan) adalah Pi Patel.

Ada dua cerita yang beranalogi. Entah mana yang benar. Awalnya gua sama sekali ga menganggap cerita dengan versi manusia layak dicurigai sebagai cerita yang sebenarnya –bukan yang versi binatang.

Namun hasil obrolan kemaren bareng Bule, membuat gua berpikir sebaliknya. Mungkin saja Yann Martel sengaja mengarang cerita dengan lakon binatang-binatang, padahal pada kenyataannya ‘kejadian’ itu terjadi pada manusia-manusia. Who knows?

Pi Patel atau lengkapnya Piscine Molitor Patel adalah tokoh nonfiktif. Tapi kisah tentangnya dalam buku ini katanya bukan based on true story. Tapi kalopun ternyata ini adalah kisah nyata, gua bakal percaya, karena gua juga pernah jadi survivor –walaupun sebentar, dan rasanya sama dengan yang digambarkan di buku.

Gua memilih yang versi binatang. Tidak ada alasan.

Kalo menurut kamu? Cerita yang kamu percaya yang mana?

2 thoughts on “Life of Pi

  1. yg binatang itu yg bagian setengah buku awal yah? iya, buat gue itu bagian yg lebih seru.. saking kerennya buku ini gue bela2in (tambah) juling karena baca di monitor kompie 😛

  2. kalo saya mah milih cerita yang versi manusia,, gak tahu juga ya kenapanya, tetapi kerasa real aja ..! :pbtw,,ada kata-kata nya keren loh tentang Tuhan dan cinta sejati diakhir-akhir bukunya,, ntar aku postingin deh..tentang life of pi : sepakat, MENARIK !!!

Leave a Reply

