Lustrum VII LSS ITB, Nyunda Banget

Sabtu malam, 2 September 2006, Jalan Ganeca Bandung
X: Mau ke mana Rim?
R: Mau nonton
X:
Indonesian Idol atau LSS?
R: LSS dong……

—————-

Walopun gua bukan orang Sunda, tapi gua ga akan ngelewatin acara Lustrum LSS ini. Gua ngerti bahasa Sunda, jadi gua ga akan mati garing di acara itu.

Ngomong-ngomong tentang bahasa Sunda, gua jadi inget jaman-jaman SMP dan SMA dulu. Waktu TK, jelas gua ga ngomong Sunda, da ngomong bahasa Indonesia aja masih balelol (budak TK gitu loh..). Pas SD, gua disekolahin di sekolah swasta, di mana bahasa sehari-harinya adalah bahasa Indonesia karena banyak yang bukan orang Sunda (hal ini terulang di kampus gajah duduk). Nah, baru di SMP dan SMA, tempat gua dapet temen-temen nu garelo, gua mulai menggunakan bahasa Sunda dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari yang halus sampe yang kasar, mulai dari ‘anjeun’ sampe ‘silaing’ hahaha…. 😀

Jadinya, malem itu, ketika orang-orang ketawa ngakak gara-gara ada sesuatu yang lucu, gua ga akan telat ketawa. Ga kaya cowo di belakang gua yang menodong 3 temannya untuk mentranslet setiap kata berbahasa Sunda menjadi bahasa Indonesia, dan so pasti dia bakal telat ketawa (duh kasian betul ni anak…).

Yup… longser adalah bagian paling seru dan paling ditunggu dari pergelaran Lustrum hari itu. Longser adalah drama panggung sederhana dengan latar gamelan dan pemain gamelan yang disebut ‘nayaga’. Si nayaga ini bisa diajak ngomong sama pemain longsernya, seperti penonton lenong yang bisa diajak ngobrol sama pemainnya, tapi nayaga punya intensitas berisik yang lebih tinggi. Dan yang pasti lebih cerewet dan rese, haha…

Longser dibuka oleh pembawa acara yang mengaku dirinya bernama Captains Vik Sparrow. Nama ini diadopsi dari Captain Jack Sparrow, yang entah kenapa mendapat tambahan huruf ‘s’ di belakang kata Captain. ‘Jack’ diganti jadi ‘Vik’. Alasannya adalah karena porang ini berdarah Sunda, yang so pasti ngedukung Persib (baca: Viking) bukan Persija (baca: The Jack). Manusia gelo bernama Mahmuy ini malam itu mengenakan asesoris bajak laut yang rame banget, dan dengan kaos biru Viking versi ITB: Untuk Tuhan, Bangsa, dan Maung Bandung. Hidup Persib lah….!

Longser kali ini menceritakan tentang seorang juragan kacang yang sedang mencari jodoh. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh seorang nini-nini matre yang sakit asma, yang berniat menjodohkan anak gadisnya—Isah—dengan si juragan kacang dengan tujuan agar hutang-hutangnya terhapus dan dia kaya mendadak. Tapi ternyata Isah udah punya pacar, seorang petani kacang, buruh si juragan kacang. Si juragan kacang marah, dan meminta kejelasan pada Isah, yang kemudian dijawab dengan Isah lebih memilih pacarnya yang miskin.

Ending ceritanya standar: perjanjian perjodohan batal dan si nini-nini matre jadi gila. Sebagai penutup, ada aki-aki bongkok (kakeknya pacar Isah) yang katanya dulunya preman (dulu tatonya naga, sekarang naganya menciut, haha) melontarkan kata-kata bijak, bahwa kita tidak boleh silau pada harta dunia, karena yang paling penting di dunia ini adalah kebahagiaan.

Keren euy… cuman alurnya rada bertele-tele, jadinya bikin lama….. dan orang-orang jadi baru pulang jam setengah dua pagi, dan besoknya bangun kesiangan, haha 😀

Advertisements

3 thoughts on “Lustrum VII LSS ITB, Nyunda Banget

  1. kyknya gw termasuk yang ngelag deh..dah 4 taun di bandung tetep aja ga ngerti2 banget sunda.. hwahahahaha..tapi pemeran utama cewenya cantikkk..apa lagi yang nari.. wakakakak..

  2. wah disebut gelo…tapi biar lah, ternyata ada yang merhatiin juga pas jadi MC nayaga.Telat pisan yah commentnya, punten da baru kebacanya juga sekarang .. hehehe -Best Regards Machmoed S a.k.a Mahmuy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s