Reduce yuk…

Longsor sampah lagi di Indonesia…

Kita sekarang hidup di negara freak, di mana ada yang namanya bencana ‘longsor sampah’. Udah gitu kejadiannya keulang lagi…

Kalo mau nyalah-nyalahin pemerintah, mikir dulu… Kita juga ikut ambil bagian dalam tragedi ini, kita adalah masyarakat konsumtif bahan-bahan tidak ramah lingkungan sekaligus merupakan produsen sampahnya dalam jumlah yang sangat besar.

Kayanya semua orang tau tentang 3R: reduce, reuse, recycle. Yah, minimal pernah denger lah namanya…. Tapi gua yakin banyak dari lu yang ga sepenuhnya ngerti tentang kata-kata tersebut, karena lu cuman mengetahui tanpa melakukan.

Reduce-reuse-recycle adalah urutan prioritas. Karena ternyata sebagian besar teknologi recycle saat ini berpotensi melakukan pencemaran terhadap lingkungan. Bahasa gaulnya mah: keneh kemod bikin pencemaran. Nah maka dari itu, cara yang paling efektif dalam masalah sampah adalah reduce: mengurangi jumlah sampah.

Ga susah kok, yang penting niat. Kalo emang cuman pengen makan di Randjang Hina depan himpunan, ngapain juga beli gorengan pake plastik? Kenapa ga mencoba cari koran bekas aja buat ngebawanya? Ato sekalian aja pake tangan kosong…

Kalo aja semua orang berpikiran sama…

Jangan bilang pemerintah ga becus ngurusin sampah negara. Lu sama brengseknya sama mereka kalo ngurangin produksi sampah aja lu ga bisa.

Advertisements

2 thoughts on “Reduce yuk…

  1. hihihi.. nama panggilanku di kantor kan pemulung. tiap kali orang salah ngeprin pasti langsung nyari sita “nih, lu doyan kertas bekas kan?”hueheuheu, karena saya satu2nya orang dikantor ini yang suka menggunakan kertas bekas buat ngeprin. semoga menular..hidup 3R!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s