Antara Kimia Sintetis Tinggi dan Alami


Barusan banget jam tujuh ampe jam sembilan pagi, gua kuliah biokimia (heu-euh, yang ngulang 2 tahun tea…), di mana dosennya salah satunya membahas tentang hal ini:



Bahan-bahan kimia sintetis yang terdapat pada minuman energi (sebut saja Extra Joss), sebagian besar komposisinya adalah berbagai macam vitamin, dan sebagian kecil kafein.

Nah… kenapa setelah minum Extra Joss orang bisa seger? Jawabannya tidak lain adalah karena dia baru aja minum vitamin dan kafein (gubrak…).

Ini penjelasan ilmiahnya: seperti yang kita ketahui bahwa vitamin merupakan prekursor enzim yang bekerja dalam tubuh… atau dengan kata lain kalo kita kurang vitamin, maka kerja enzim dalam tubuh kita tidak akan maksimal. Berarti orang yang minum extra joss secara fisiologis tubuhnya telah terasupi oleh vitamin sehingga kesehatan dan kesegarannya terjamin.

Ditambah lagi adanya kafein membuat sistem saraf (terutama jantung) menjadi bekerja lebih keras. Otomatis asupan darah ke otak meningkat. Dan karena darah membawa oksigen, maka otomastis oksigen pun terasup lebih banyak ke otak. Makanya orang yang minum Extra Joss jadi seger dan ga ngantuk.

Ya itu bener kalo komposisinya cuman vitamin sama kafein. Kalo ada hal-hal lain yang disembunyikan kan kita ga tau…. Selain itu ada resiko lain yang menanti jika kita mengkonsumsi minuman berenergi secara berlebihan: kerusakan ginjal. Kenapah? Ya karena ginjalnya cape nyaring terus senyawa-senyawa dalam bentuk butiran itu…

Kalo ginjal bisa ngomong, dia pasti bilang Capedeeehhh….

Daripada sakit ginjal dan jadi bodoh, lebih baik minum STMJ….



Sehat, ga sakit ginjal, dan khasiatnya lebih josssss….

Udah ah, telat kuliah jam 9 nih…

Advertisements

12 thoughts on “Antara Kimia Sintetis Tinggi dan Alami

  1. lo emang stmj ga ada bahan kimianya?? masa sih? bukannya semua yang ada di alam ini terdiri dari unsur-unsur kimia…?:) (ini kata The Alchemist lo)

  2. #dena: hohoho… biar ga pengapuran ya, hehehe…#aki-aki metal: ember..#luthfi: argghhh tidak…!!!#yusuf: entar kalo aku ke solo, kamu jadi guide ya.. :)#joni: haduh.. di India ga ada STMJ ya? ngeracik sendiri aja atuh mas..#triadi: memang benar semua materi di dunia ini mengandung bahan kimia, tapi ada yang alami dan ada yang sintesis. biasanya minuman seperti extrajoss mengandung bahan kimia sintetik yang tidak baik bagi tubuh bila dikonsumsi berlebihan…

  3. mendingan juga minum susu kalsium.. saiia takut kena penyakit tulang uy ntar pas tua.. berhubung saiia jarang BERJALAN MINIMAL SEPULUH RIBU LANGKAH SEHARI… tapi tetep minum STMJ dong, apalagi kalo malem2, ditambah samsu, maknyoss….

  4. ya ampuuun rimaaaaa.. setelah mengulang untuk yang ketiga kalinya akhirnya kamu bisa ngerti jugaaaaaa..hakakakakakakak,,gapapa, Ma.. brarti hikmahnya benar-benar ada! hhihihi..btw, itu gambar stmj dapet dari mana?

  5. #aroengbinang: yoi…#bodhi: bodh, berjalan kaki sepuluh ribu langkah sekali ga cuman buat kesehatan tulang loh… tapi kesehatan organ yang lain-lainnya juga..#cta: tapinya sit, materinya kan ada banyaaaak… T_T bukan itu doang, huhuhu.. itu gambarnya ngambil dari internet, dari apotek yang jualan secara onlen, trus gua gedein aja resolusinya..

  6. Banyak isu menyebar soal daftar minuman berbahaya mengandung siklamat melalui media cetak ataupun online, pdhl sudah ada bantahan dari BPOM yang menyatakan isu atau selebaran itu tidak benar. Hati-hati jangan tertipu dengan persaingan bisnis kotor seperti ini. Yang pentingperhatikan aturan pemakaian.Berikut Informasi melalui Media OnlineBPOM: Minuman Mengandung Siklomat Tidak Berbahayahttp://www.kompas.com/ver1/kesehatan/0709/28/153045.htmBPOM Tak Pernah Keluarkan Penarikan Produk Minumanhttp://jkt3.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/08/tgl/21/time/082946/idnews/819464/idkanal/10Gaya Hidup Mengubah Pola Berbuka Puasahttp://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/10/tgl/01/time/142356/idnews/836548/idkanal/10semoga bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s