Naga bonar Jadi 2: Melihat Indonesia dengan Hati


Gua bukan seorang movie freak. Jadi kalo aja hari Minggu kemaren ga ada praktikum nangkepin kupu-kupu, gua ga bakal sengaja dateng ke kampus dengan tujuan nonton bedah film bertajuk “Nagabonar Nyasar ke ITB”.

Kamu udah nonton film Nagabonar Jadi 2 belum? Hah…. belum? Kesian dehhhh…

Gua juga belum nonton, hahahah… Yah, maklum lah.. gua kan bukan anak gaul yang kerjanya bolak-balik bioskop tiap hari Sabtu, Senin, atau Selasa.

Tapi abis baca novelnya, gua bakal nonton film ini. Mudah-mudahan aja minggu ini filmnya masih diputer di Blitz. Kita nonton bareng yuuuu….

* * *


Di acara yang diselenggarakan oleh LFM (Liga Film Mahasiswa) ITB tersebut, hadir seorang Deddy Mizwar, Akmal Nasery Basral (penulis skrip), serta beberapa orang di-balik-layar film Nagabonar Jadi 2.

Deddy Mizwar


Acaranya tampak ngaret. Soalnya harusnya mulai jam 10 tapi ternyata baru dimulai jam 11… tepat saat gua datang sambil bawa-bawa misnet, hahaha… (itu tuh, alat tangkep serangga yang suka ada di komik-komik Jepang).

Begitu masuk ruangan 9009 alias ruang bioskop, gua disuguhi thriller berdurasi beberapa detik yang ditampilkan di atas screen, dengan kualitas suara yang lumayan… Ehm, lumayan ancur.

Saat bedah film dimulai, yaitu saat MC-tergaring-yang-pernah-ada-di-ITB-versi-gua membuka suara dan memperkenalkan para tamu yang hadir di sana, kualitas sound system masih saja buruk. Buat kita—orang-orang cincay—mungkin hal seperti itu bukan masalah. Tapi bagi mereka—insan perfilman papan atas Indonesia—itu adalah masalah yang sangat mengganggu.

Sampai akhirnya si Mr X—entahlah orang ini produser atau PR, tapi yang jelas dia dipercaya sebagai promotor—memutuskan untuk berbicara tanpa menggunakan bantuan mik. Dan sesekali bercanda gurau menyangsikan kualitas calon enjenir dari kampus terbaik bangsa ini.

*gua kan bukan calon enjenir, jadi gua biasa aja tuh… ga merasa tersindir, heuheu… malah ikutan ngetawain, wakakakak… piss ah..*

Kemudian dilakukanlah pembedahan sesuai dengan yang direncanakan.

Kenapa diputer di bioskop tanggal 29 Maret 2007?
Kenapa anaknya Nagabonar laki-laki?
Kenapa temennya gengnya Bonaga 4 orang (Uli, Mike, dan Darius)?
Kenapa ada tokoh Lukman Sardi sebagai supir bajaj?
Kenapa ada dialog “ril” antara Wulan dengan Tora?
Kenapa artis pengisi soundtracknya Padi dan Slank?

Semuanya dikupas tuntasss… tas.. tas.. tas… Gua ga bakal cerita di sini soalnya panjang benge. Gua cuman pengen kasih tau bahwa film ini telah dipersiapkan dengan sangat matang… sangaaaaaattt matang. Dua jempol deh buat Om Deddy Mizwar.

Pasti kamu ga tau kan kalo film ini ada official merchandise-nya? Tidak seperti film-film Indonesia lainnya, film ini punya beberapa merchandise, salah satunya t-shirt simple warna putih bertuliskan “Apa Kata Dunia?”. Ini adalah salah satu strategi pemasaran mereka.

Untuk menekan biaya promosi, jalur yang mereka ambil cukup unik, yaitu mencari sponsor dan kemudian meminjam bilbord sponsor untuk promosi film. Jadi ga usah mikirin lagi perijinan dan segala macamnya. Hmm.. pintar juga ya… gua sih gak kepikiran ada strategi promosi yang kayak gini.

“Dan yang paling esensial dari film ini,” kata Deddy Mizwar, “adalah kami melihat Indonesia dengan hati”

Uuuhhh… co cwit….

* * *


Abis itu ada sesi tanya jawab yang direncanain bakal selesei jam 12. Masih bersama MC-tergaring-yang-pernah-ada-di-ITB-versi-gua.

Pas lagi sesi tanya jawab, tiba-tiba… jeng jeng jeng…. ada Tora Sudiro aja gitu barengan sama Lukman Sardi masuk ke ruangan (bacanya harus pake gaya anak gaul =p). Sumpah, ganteng banget dah itu orang berdua.

Tora Sudiro

Lukman Sardi

Sayangnya Lukman ma Tora ga banyak ngomong. Malah ga ngomong apa-apa, cuman dadah-dadah doang. Ya iya lah… secara ini bukan Extravaganza… Eh, iyah.. tadi malem dia jadi bencong ya di Extravaganza, haha… gelo..

Gua ma Bona langsung ngetek si Imoth buat motoin kita nanti sama Tora Sudiro…

Ternyata ga ada foto sesion. Tapi dasar wartawan, si Imoth bisa aja curi-curi kesempatan foto bareng. Si Bona langsung blasak-blusuk gitu. Gua juga sih, cuman karena gua rada ga ngeuh.. jadinya gua telat mengejar si Bona.

Dan cekrek!

Hanya ada satu foto. Dan itu adalah foto yang ga ada guanya soalnya gua telat… hiks.. hiks..

Bona dan Imoth yang beruntung. Sial..!

Sayangnya ga ada kesempatan buat curi-curi foto lagi. Huhuhuhu…

* * *


Tapi gua ga segitu desperadonya. Gua bahagia karena di acara ini dijual novel “Nagabonar Jadi 2” dengan diskon 50%. Huahahaha… novel yang harga aslinya Rp 49.500,00 dijual seharga Rp 25.000,00.

*namanya juga calon ibu-ibu… langsung semangat lah kalo ngeliat diskon…*

Secara tas gua disimpen di sel, dan dompet ada di dalam tas. Dan saat itu juga si Bona lagi bokek… Jadinya saat itu kita nodong si Sawung buat minjemin duit. Catet: maksa bo… (kita tea barbar..)

Trus kita minta tandatangannya Akmal…

Ye… dapet tandatangannya Akmal Nasery Basral


Trus dia nanya, “Kamu pernah nulis buku juga?”

“Nggak, gua cuman seorang penulis di blog…” (catet: blognya juga ga penting, hahahaha….)

Abis minta tandatangan Akmal, gua baru nyadar kalo novel yang gua beli (ya ya.. yang pake duit pinjeman) tuh cover depannya gambar Deddy Mizwar, bukan yang Tora Sudiro. Ternyata cover novelnya tuh ada dua versi gitu. Dan si Bona dapet yang Tora. Uuuhh… sebel… si Bona beruntung banget sih hari ini… dan gua sial banget… huhuhu…

Bona, pokonya kamu harus traktir gua makan karena telah merampok nasib baik gua hari ini… Di Pizza Hut juga gapapa kok =p

Novel Nagabonar Jadi2 punya Rima dan Bona


Tapi tapapa.. gua juga ngefens kok sama Deddy Mizwar.

* * *

Dan sampai berita ini diturunkan, novel itu belum gua baca. Secara tugas gua banyak banget… dan sekarang gua lagi intens-intensnya pacaran sama yang namanya TA (tugas akhir.. yyyuu..). Dan… tuh kan gua lupa belum bayar utang ke si Sawung. Wung, kalo baca tulisan ini segera SMS gua ya untuk urusan pembayaran utang, hehehe…

Buat kalian yang belum nonton film ini, nonton gih…
Buat yang belum baca novelnya, baca gih…
Jangan sampe menyesal aja pokonya mah..

PS: buat Yoda, lu kirim email aja ke gua, ntar foto-foto lainnya gua kirim via imel aja ya… (btw cowo mesin jaman sekarang pada ngefens sama Tora Sudiro juga ya? aduh bo capedeh…

Advertisements

31 thoughts on “Naga bonar Jadi 2: Melihat Indonesia dengan Hati

  1. huoh…bagus gak novelnya? gw dibanding nonton pelem indonesia, mending nyari novelnya deh kalo bagus mah….jadi apakah novelnya bagus? hehehehe

  2. #gaw: padahal kan gua posting bukan buat bikin sirik.. cuman pengen berbagi :)#ikram: iya, tapi dia dateng ke Paris Van Java kan sorenya. Lu ga ke sana, Kram?#dezz: ya sepertinya memang oke banget.. makanya gua tergoda buat beli bukunya..#muthe: gua belum selesei bacanya, tapi dari sebagian yang udah gua baca sih bagus.. *bagus menurut gua* ntar deh gua pinjemin bukunya…

  3. mm, Rima..honestly gw ga terlalu suka film naga bonar..biasa aja.gw lebih suka film Litlle Miss Shunsine =)jadi ga rugi kalo ga datang ke LFM, lagian seperti yang ditanyain Ikram, Wulan Guritno kan ga datang, hehehe..PS : tampak rajin nanya Wulan Guritno,kram..hehehe

  4. #sutrisno: hehe.. maunya…#chantee: iya.. semua orang bilang gitu kecuali yang namanya Benx, hahaha..#benx: ya ampun.. film Little Miss Sunshine.. gua juga dah nonton. film yang aneh, tapi sarat makna. jangan2 lu suka film itu gara2 tarian si anak kecilnya di kontes ya? hahaha..

  5. halo rima,sumpah, kamu nulis acara di lfm itu lucu abis. saya bacanya ngakak sendiri. nanti kalo bikin sekuel ke-3, kamu aja yang bikin novelnya ya? :-)buat yang lain,wulan guritno (dan darius sinathrya), datang juga kok siang harinya ke gramed paris van java.o ya, kalau mau dapet novel itu dg diskon gede lagi, hari selasa 8 mei ada diskusi novel itu lagi di upi. paginya sesi dewi lestari(dee), setelah itu dengan saya.kalau pada ada waktu, hadir ya!salam kenal juga buat yang lain.akmal n. basral

  6. 1. ga bisa photo bareng Tora2. dapet sampul novelnya yg Dedi Mizwarya ampun, mbak..malang benar nasibmu..heheeee xDbtw, isinya beda juga ga?*ga mudheng.. xD*

  7. #bang akmal: wah,, beneran nih bang akmal asli…? makasih ya udah berkunjung, hehehe… ntar tanggal 8 mei kalo sempet rima bakal main ke UPI, sekalian ngeceng2.. #nieke: ya sama atuh neng.. masa beda.. kamu mah ada2 aja, hehe..#cempluk: wuih.. rame betul mas…

  8. rimaaaaa… mau novelnyaaaa!!!! buat anggun aja lahhh hehehe (pdhal perjuangan yah tuh dapetnya, nepikeun ka ngutang!!)film-nya keren pisan tauu.. saya aja nangis (eh ketang ga tau yah.. da saya mah nonton kartun aja nangis, film india nangis, jadi ga aneh kalo nonton naga bonar juga nangis!!^^)ayo cepet nonton rim, ulah mikirkeun TA wae, bisi botak!!^^

  9. #ikram: ga semua harus dikomentarin kan lam…#anggun: anggun kalo mau novelnya dengan harga miring, besok dateng ke UPI aja… sekalian ketemu sama yang ngarang bukunya… ^o^

  10. daripada harga miring, anak2 LFM pada dapet gratisan :panyway, sound yang jelek itu bner2 insiden. padahal 1 hari sebelumnya LFM juga ngadain acara di ())(, yaitu Tebs Shocking Movie-kerjasama bareng Cinemags- Love is Cinta, yang menghadirkan Aca sama Irwansyah ++ade’nya aca (ica)soundnya sama sekali gada yang salah ko.. bahkan ada band pengisi juga..secara LFM udah nambahin amplifier dan speaker baru (lfm lho yang nambahin, bukan itb–padahal kan itu gd.kuliah jg..)jadi emang lagi sial aja tuh nasibnya, wong sehari sebelumnya soundnya sehat wal afiatkafi kurnianya aja yang emang rese–walopun gw salut ama marketingnya.overall, nagabonar jadi 2 itu keren banget, nilai2 sederhana dan manis namun kerap dilupakan!! salut!!

  11. enak banget tuh yang berpose dengan artis lagi….jarang jarang kan bisa foto sambil berpose dengan artis.Pengen juga jadinya…..biar narsis dikit…sapa tau bisa jadi artis beneran…wkwkwk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s