Musik Sore 300507: Dari Dangdut Sampai Techno


*Ini adalah Acara Musik Sorenya APRES tanggal 30 Mei 2007 di lapbas CC kampus gajah bengkak. Gua nonton acara ini bareng Kanya, Imoth, Sawung, Oki, Dimas, ma Diva*

Gimana ya jadinya kalo para dosen-gajah-duduk ngeband di depan para mahasiswanya? Whew… pilihannya bisa dua: bakal aneh banget atau keren banget. Namun pada sore itu, pilihannya hanya satu: keren banget, kesimpulan ini diambil dari respon para mahasiswa yang sangat EXCITING saat itu.

Bandos, dengan para vokalis dari kalangan mahasiswa

Para dosen

The audience


Band yang dimotori oleh para dosen Elektro, Sipil, dan Kelautan ini, sore itu memang menyajikan tontonan yang menarik. Selain karena memang menampilkan kualitas musik yang baik, mereka juga memiliki daya tarik tersendiri… Ya karena mereka itu para dosen. *Coba bayangkan dosen-dosen di kampus lu pada nge-band… lu juga pasti penasaran kan?*

Yang rada mengecewakan dari band ini adalah vokalisnya. Yang cewe-cewe sih pada oke suaranya… tapi yang cowok, alamakjang… ancur kali pun…! (Pak Budi Rahardjo, abis baca blog ini, langsung marah2in aja itu vokalisnya Pak, hehehehe… becanda deng…)

Setelah Bandos, band berikutnya yang tampil adalah bandnya Rangga—si pemilik Boyd—dengan lagu andalan: Mind Trick-nya Jamie Cullum dan Hey You ciptaan Rangga sendiri. (Sori Ngga, gua lupa nama band elu, hahaha). Lagu Hey You ini pernah Rangga nyanyiin di depan gua dan temen-temen lain, waktu kita sama-sama jadi relawan di Jogja.

Rangga ga usah sok jaim gitu deh…

Selain Rangga dan beberapa anak APRES lain, di band ini tampil juga Jeff sebagai additional flute-player. Jeff (Biologi 2005) adalah temen sekelas gua di kuliah biokim, tempat gua minta contekan resume kalo gua datengnya agak-agak telat, hehehe… Adik kelas yang baik…

Abis penampilan bandnya Rangga yang slow mellow kaya marsmellow itu, kadar adrenalin para penonton kembali meningkat saat Bandos kembali tampil menghibur para penonton dengan pilihan lagu-lagu yang semakin najong. Lagu yang paling gua suka adalah You-nya Sky.

Setelah lagu ini dibawakan dengan sangat keren oleh Bandos, posisi organ digantikan oleh player baru, yaitu seseorang yang memiliki jabatan DEKAN FSRD ITB. (Whew, Pak… dirimu keren sekali). Beliau tampil dua kali: sekali bareng Bandos dan sekali secara solo. Penonton pun terhipnotis oleh suaranya yang ma’nyussss….


Dekan FSRD, Mr. Biranul Anas Zaman nyanyiin lagu Sixty Years On-nya Elton John (kalo ga salah)


Setelah Pak dekan turun panggung, arena panggung kemudian diisi oleh beberapa mahasiswa berseragam SMA (dua di antaranya make kemeja abu-abu… ah, gimana sih, ngga kompak nih kostumnya…). Merekalah OSD, orkes dangdut para mahasiswa Tambang yang sudah berdiri sejak tahun 70-an, dan diwariskan secara turun-temurun sampai sekarang.

“Mbak, jangan turun… kita jarang banget kaya gini nih”

Anak SMA gadungan


Saat OSD tampil, pemandangan panggung terhalang.

Jadi ceritanya begini: tau kan kalo OSD tuh punya pasukan goyang dangdut? Nah pasukan berjaket merah inilah yang kemudian menghalangi pandangan kita yang lagi nonton sambil duduk. Jadi aja OSD-nya ga keliatan…. kehalangan sama pantat-pantat yang sedang berjoget asoy geboy bakcoy itu.

Pasukan joget berjaket merah


Ah, gapapa lah kehalangan juga, secara gua ga ngepens sama OSD (ngga ngepens-ngepens amat maksudnya). Malam itu OSD ngebawain lagu-lagu yang emang selalu dibawain setiap kali OSD tampil: kalo ga Elisa ya Cinta 25 Karat. Ga ada lagu baru…. BOSEN.

Seiring dengan berakhirnya orkes yang disertai dengan kepulangan para penjogetnya menuju alamnya masing-masing (yang katanya pada mau belajar soalnya besok ada ujian), maka secara berangsur-angsur heninglah areal lapangan basket malam itu. Ah ga asik…!

Sebagai penutup acara Musik Sore kali ini, Souldelay tampil di depan para penonton yang jumlahnya udah tinggal seucrit. Mungkin ga lebih dari 20 orang. Saking kosongnya tempat duduk penonton, kita yang awalnya duduk di paling belakang sekarang jadi duduk paling depan…

Souldelay tampil dengan seorang vokalis dan gitaris (dengan para techno musicians-nya tentu saja). Untuk dapat menyajikan musik techno, mereka telah menyiapkan tiga unit laptop lengkap dengan alat-alat elektronik lainnya buat nyiptain efek musik sik sik sik… (Sawung banget, haha). Selain itu mereka juga nampilin video grafis di screen.

Vokalis Souldelay


The techno musicians


Oiya, kata Oki, si vokalisnya ini dosen DKV loh…. wuuu… keren kaka… Souldelay keren abis. Gua suka ^^

* * *


Overall, gua nilai acara Musik Sore kali ini MANTAB pake B… Karena selain bandnya asik-asik… Musik Sore kali ini ada gorengan dan kopi gratisnya… (lumayan lah bisa menarik minat para penghuni kosan yang lagi kelaparan untuk dateng ke sini, hahaha… Ya nggak, Dim?)

Ternyata ga semua dosen di kampus gajah gembrot ini menyebalkan…. Banyak juga dosen yang gaul dan asik banget seperti bapak-bapak yang tampil hari ini… Whew… bangga deh gua… (tumben-tumbenan loh gua bangga jadi mahasiswa gajah duduk, haha… xD)

*All photos taken by Kanya, editted by Rime*

24 thoughts on “Musik Sore 300507: Dari Dangdut Sampai Techno

  1. Waw, lengkap juga review nya euy :DMe, lo mana Me..?yaaaahhhh.. padahal khan gw pengen liyad lo nyanyi..eh, tp jangan dink..ntar pada bubar penontonnya.. x)

  2. Hal-hal seperti inilah yang sering bikin aku menyesal cepat lulus…*Ummm… kayaknya perlu diralat… wong kuliahnya 5 tahun kok. Itu kan lama!?!Hal-hal seperti inilah yang sering bikin aku menyesal sudah lulus…*Ummm… kayaknya perlu diralat lagi… kesannya tidak mensyukuri nikmat sudah lulus…Hal-hal seperti inilah yang sering bikin aku menyesal tidak bisa datang ke kampus untuk nonton..*Umm… kayaknya udah pas nih komen-nya =)btw me, ada foto penonton2nya gak? pengen liat perkembangan fashion di kampus saat ini… kakakakakak…

  3. #pak budi: terima kasih juga atas tontonannya#nieke: ah, kaya yang ga ancur aja suara lo nik… =p#goio: makanya jangan cepet2 lulus… nyesel kan… btw gua ada foto para penonton, tapi ga jelas soalnya gelap, udah malem..#ikram: teliti banget ya si abang yang satu ini.. iya, itu gambar kalo diliat jadi horor..

  4. wew..pasukan berjaket merah yang joket??perasaan gw ikutan joget tp ga jaket merah deh?hehehe..kurang mantap nih anak ITB..masa yg joket mayoritas anak tambang..yg lainnya malu2 kucing..hahahaha…

  5. sayang gw nggak liat sampe habis! karena gw ada jam malam, makanya gw cabut. yah untungnya gw pernah liat anak orkes dangdut tambang latihan di DPR, waktu itu. sayang gak bisa liat yang lain, but thanks anyway atas reportasenya, me!!

  6. #gredinov: ya iya lah mayoritas anak Tambang, secara itu band himpunan mereka sendiri.. gua sih ogah joget2 bareng anak tambang.. gua alergi sama jaket merah, hahaha…#muthe: ya ampun, hari gini masih ada jam malam ya? kembali kasih.. 🙂

  7. banyak bener acara musik di tempat lu ya rim. bikin ngiri aja. eh rim, itu ceritanya bukan cerita diriku, tapi temenku. cerita itu kubikin soalnya nggak bisa dateng ke nikahannya dia. 😀 😀 thanks for offering me a future husband. kapan2 kalo gue udah bosen sama suami gue, boleh dong gue dikenalin. ahahahahahaha. *just kidding*

  8. aduh, gw aja g sempet bikin liputannya di itb.ac.id. hehe! gw pengen joget jg tuh pas OSD tapi bagian depan panggung di-booking full ama anak tambang. hiks..nitip bilang ama anak Apres (kan kmpa bsebrangan ama Apres, yang rajin ya bikin acara musik gitu..hehe

  9. #fm: iya, namanya juga lingkungan anak muda, hehehe :D#soechi: :)#may: iya mbak may.. ga ada.. kalo yang acara PSIK beberapa bulan lalu sih mereka tampil.#muthe: ayo.. tapi ditraktir ya.. kan elu yang ngajak xD#triadi: makanya… sewa paranormal dong.#ireng: yah, elu sih pake malu2 babi.. kalo mo jeget mah ya joget aja. btw ntar deh gua sampein ke si Rangga lewat YM.#mata: nggak ta. gua ga suka goyang dangdut =p. kenapa ga ada? karena Kanya ga moto gue T_T#benx: huh dasar om-om centil :p

  10. yah…sama…di kampus gw juga ada..ga seru… kalah sama SMA 5, SMA 2.. SMA 20… padahal menurut gw anak2 baru punya “potensi” yang besar tuh =Dkalo gw masih kuliah, gw mau dah jadi inisiator pembentukan unitnya..ntar si danang yang jadi pelatihnya =p

  11. #benx: sok lah ntar gua jadi penontonnya aja..*dasar sedeng… kita kan satu kampus. sudah, hentikan saja konversasi goblok ini =p*

Leave a Reply

