SSTB (Singkatan-singkatan Tidak Bertanggungjawab)


Pernah mendengar kalimat “janji-janji tinggal janji bulan madu hanya mimpi“? Gua sih sering. Sering denger, sering ngucapinnya juga hehehe…

Pertama kali gua denger kalimat ini tuh sekitar sepuluh tahun lalu (weks, ternyata gua udah tua) di radio 99ers. Saat itu yang lagi siaran adalah Dody Tridy. Dan ga tau kenapa, sampe sekarang kalimat itu nempel aja sama gua.

Pernah tuh, suatu kali gua nyebut kalimat itu, trus ada yang nanggapin “Lagu dangdut banget sih lu…”. He? Ternyata kalimat ini tuh lirik lagu ya?

Dan gua pun selalu bertanya-tanya tentang lagu ini. *penasaran mode ON*

Sampai akhirnya dua minggu lalu, saat bus jurusan Bogor-Bandung sedang ngetem di terminal, ada seorang pengamen yang menyanyikan lagu ini dengan sangat syahdu. Hoh… ternyata ini adalah lagunya Yuni Shara (bukan lagu dangdut… dasar sotoy :p).

Mungkin karena kalimatnya cukup panjang, lantas banyak orang yang menyingkatnya menjadi JJTJBMHM. Awalnya gua pikir cuman gua doang yang nyingkat-nyingkat kalimat ini, eh ga taunya banyak, heuheuheu…

Dari hasil pencarian dengan kata kunci JJTJBMHM dan bulan-madu-hanya-mimpi, didapat data (halah, siga laporan pisan) bahwa ternyata gua cukup sering menggunakan kalimat ini dalam tulisan di blog, misalnya pada postingan ini, ini, dan ini. *Pas gua buka-buka lagi postingan-postingan itu, gua jadi nyadar kalo dulu tuh gua postingnya ancur banget. Segala ditulis, ga peduli enak dibaca apa enggak, hahaha…. xD*

Selain JJTJBMHM, gua juga kenal AWMBB, singkatan dari “aya we moal beja-beja“. Kalimat ini kalo ditranslet ke Bahasa Indonesia jadi “ada deh ga mau bilang-bilang“. Gua kenal kalimat ini dari Dodi (halah… tadi Dody sekarang Dodi.. pasaran banget sih… :p). Kalimat ini juga lucu, tapi ternyata ga sepopuler JJTJBMHM.

Kalo kita mau ngikutin ‘tren’ (kalo kata Ikram sih ‘kecenderungan’), ternyata banyak loh singkatan-singkatan liar dan tidak bertanggungjawab di muka bumi ini. Misalnya:

Dedi Dores –> Dengan diiringi doa restu (STD alias standar)
Logay –> Loba gaya (Ind: banyak gaya)
Boljug –> Boleh juga (jadul banget, hahah..)
STMJ –> Solat Tarawih Mencari Jodoh (ini bikinan temen2 gua waktu SD)
PMDK –> Pendekatan Melulu Dapet Kagak (ini dapet dari Extravaganza tadi malem)

dan ini nih yang paling garing…

Kalahcurhat –> Kau telah mencuri hatiku (dapet dari radio Oz, wakakakak…)

Kalian juga punya singkatan tidak bertanggungjawab seperti ini ga? Kalo punya, tulis di box komen ya.. dengan syarat KJNGDL alias “kalo jayus nanti gua delet loh”. Hahahahah…. xD

Advertisements

22 thoughts on “SSTB (Singkatan-singkatan Tidak Bertanggungjawab)

  1. ada nih, tp bukan singkatan lebih enak di ucapin lengkap :SMAJP = Sungguh Mati Aku Jadi Penasaran**Eh Sungguh apa Sumpah ya ?_?pokoke lg demen bgt ngucapin itu huahahahah….**comment yg gak nyambung :pS 03 CI

  2. #triadi & danang: gue… B-)#isnuansa: halah menyonyo.. seksi banget bahasanya :p#muthe: singkatan aneh lain? apa ya? oh ada.. ini singkatan terbaru yang ada, biasanya gua pasang sbg stat di YM: GAJS –> ganti ah jadi sibuk, kekekek.. ga penting..#bodhi: halah… kampus maneh sunda pisan nya, beda jeung kampus sayah.. kampus sayah mah batak pisan, heuheu.. xD#ikram: bukan buat ini kram, waktu itu gua nanya emang buat laporan, hehehe..

  3. Jigun = Jiwa GuncangBurdis = Bubaran diskoBurtok = bubaran tokoTitik DJ = ati-ati dijalanTitik Sandora = atai-ati kesandun orangTitik Puspa = artis???

  4. #tribas: satu lagi… tikam = titi kamalkalo diturunin lagi jadititi kamal = hati-hati bisi kamu kabaledog (artinya: hati-hati ntar kelempar)hahahahaha… maksa xD

  5. #vina revi: hahaha… iya, untungnya gua selalu apdet yang kaya gini mah.#dzaia-bs: santi sutoyo-nya lucu tuh.. yang alfabet sekarang udah ABCDEFG loh..ABCEDFG = aduh bo cape deh emang fenting gituh?huahuahuahahahaha… maksa abis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s