I’ve Never Thought to Touch These Monsters Before


*lagi pengen posting sesuatu yang ga penting nih*

Walopun gua suka sama binatang-binatang yang ada di muka bumi ini mulai dari serangga sampai dinosaurus, ada beberapa binatang yang ga gua suka dan sama sekali tidak pernah terpikirkan untuk gua pegang. Sampai akhirnya gua terjerumus dalam praktikum-praktikum di mana gua harus ‘bekerjasama’ dengan moster-moster ini.

1. Bangkong Budug


Bufo melanostictus (sumber)


Apa bedanya kodok sama katak? Tampak seperti pertanyaan bodoh ya, tapi ini sebenarnya ilmiah loh.. Kodok tuh yang kulitnya halus, sedangkan katak tuh yang ada bintil-bintilnya (hyaik). Mungkin dulu waktu para amfibi kuliah, para katak absen di kelas kecantikan, so permukaan tubuhnya jadi korodok gitu.

Sebenernya gua udah pernah megang keduanya waktu praktikum Biosistematika, tapi cuman bangkenya doang yang dikasih formalin. Jadi aja kodoknya asik… ga pake loncat-loncat. Untung aja praktikumnya ga pas malam bulan purnama. Tanya kenapa…

Jadi intinya gua jiji megang kodok apalagi katak yang masih dalam keadaan segar bugar dan daya cengkeramnya masih kuat.

Suatu hari para asisten praktikum Fisiologi Hewan mewajibkan tiap kelompok untuk membawa seekor katak (Bufo sp.). Harus katak ga boleh kodok *heuh.. aya-aya wae sih praktikum teh…*. Dan berhubung di kelompok gua cowonya cuman si Dercun, maka sudah pasti dialah yang ketiban siyal dapet tugas yang jijay-jijay kek gini, hahahaha… (ini adalah contoh emansipasi wanita yang salah kaprah.. jangan ditiru ya :p)

Kayanya si Dercun emang ga berjodoh sama Bufo *dia mah jodohnya sama Dona kali, wakakakak..*. Pada perjalanan dari tempat mencari katak menuju kampus, Dercun mengalami kecelakaan. Sepeda motornya nabrak mobil (kalo ga salah). Akhirnya kelompok gua diomel-omelin asisten deh gara-gara ga bawa katak. Insiden ini kemudian dinamakan “Tragedi Katak Berdarah”.

Tapi kemudian secercah harapan muncul. Tiba-tiba seseorang masuk ke dalam lab dengan membawa sebuah ember berisi beberapa katak yang sedang berloncatan di dalam air berwarna coklat. Wahai manusia yang 3 tahun lalu membawa katak-katak ini ke dalam lab, I LOVE YOU PISAN LAH..! 😀

Aksi tunjuk-menunjuk terus terjadi dengan kalimat standar “Udah lah lu aja… lu aja..”, sementara asisten makin murka karena waktu praktikum terbuang percuma untuk hal-hal tidak penting semacam ini. Akhirnya gua mengalah, sodara-sodara… gua mengalah…!

Jangan tanya gimana rasanya megang bangkong budug, karena rasanya tidak enak.

2. Mus musculus-wati


Mus musculus (sumber)


Walaupun tikus tuh lucu, tapi tetep aja geuleuh da mainnya di tong sampah dan comberan. Untungnya tikus-tikus yang kita co’o di sini tikus lab, jadinya bersih. Nama lengkapnya Mus musculus Swiss Webster. Itu kalo cowo, kalo cewe namanya Mus musculus-wati.

Pertama kali megang tikus model gini tuh pas praktikum Bium waktu TPB. Kerasa di tangan tuh geli-geli gimanaaaa gitu. Lucu sih.. tapi jadi ga lucu kalo dia boker dan pipis di meja lab gara-gara stress.. soalnya kita disuruh ngebersihin T_T

3. Kecoawati


Periplaneta americana (sumber)


Taruhan sok.. cewe-cewe yang baca blog ini pasti hampir semuanya takut sama makhluk ini. Karena selain baunya dan bentuknya geuleuh, binatang ini punya antena yang suka digoyang-goyangin. Arrgghh… mana coraknya kek gitu lagi (ada mata kamuflase-nya).

Jadi, bisa dibayangkan lah yah gimana ramenya keadaan lab saat para praktikan wanita (yang jumlahnya lebih banyak dari pria) harus bekerjasama dengan para kecoa ini. Kira-kira beginilah ceritanya *kaya tayangan KISMIS ya, hahaha…*.

4. Ikan Cupang (ga pake wati)


Betta splendens wild type (sumber)


Dari dulu sebenernya gua udah sering nyo’o ikan cupang di rumah, tapi cuman buat diliat aja, ga sampe diaduin kaya di praktikum. Pas gua baca lagi postingan ini (yang mana gaya nulisnya ancur banget :D), gua baru nyadar kalo ternyata waktu itu kita nitip beli ikan-ikan cupang itu di si Dercun. Kayanya Dercun emang berbakat deh jadi dealer binatang-binatang yang dipake buat praktikum. Dibisnisin aja atuh Der.. Nanti kalo sukses kita makan-makan… 😀

* * *


Sebenernya masih ada binatang-binatang lain yang dijadiin bahan coco’oan seperti yang diceritain di postingan ini. Tapi berhubung burung merpati tuh lucu dan ga layak disebut monster, jadinya ga gua masukin di sini deh.

Beberapa sisanya ga gua masukin soalnya gua ga bernafsu untuk menceritakannya, seperti burung kowak dan Drosophila melanogaster. Kalian juga pasti ga napsu ngebacanya… ^^

Walaupun geuleuh dan menjijikkan, tetep aja manusia ga akan bisa hidup kalo mereka ga ada.. 😀

28 thoughts on “I’ve Never Thought to Touch These Monsters Before

  1. Eh, Rime, did you see her at those practice classes ?Eh ikan cupangnya kurang garang tuh, cari yang merah, n besar, biasanya lebih garang. Aum..

  2. Saya biasa aja ama kecoa, tapinya saya punya dosa gede banget ama bangsa kecoa…Mamah saya sieun pisan ama kecoa. Kalo ngeliatnya bisa bikin dia freeze mendadak, malahan pernah sampai pingsan (parah pisan lah). Jadinya papahku tersayang mengeluarkan perintah untuk membasmi kecoa sampai ke akar-akarnya. Jadi reflek kalo liat kecoa, ama saya dipukul ampe badannya penyekm matilah ia…aduh dosa pisan saya ama kecoa.

  3. Hmm… nostalgia ya Me,..tanda2 mau lulus..hehehe@irvan, namanya juga ikan cupang,karena perilakunya tsb..kalo ga salah istilah bikin cupang di @$#%$@#$^@ juga diambil dari perilaku si ikan ini (atau sebaliknya??).. heuheuheuh…..

  4. gw heran, kenapa yg dipraktikumin kok binatangnya itu2 aja ya?kodok, tikus, serangga, burung2an…kenapa nggak kucing/an*ing/trenggiling/landak gitu…?dzaia-bs

  5. #FRL: gua kan beda angkatan sama dia, fril.. btw ikan cupang yang dipake di kelas tuh yang itu, yang wild type.#isnuansa_maharani: haha.. bukan ga berani kali, tapi jiji dan ga tega ^^#puput hidayat: wah, hebat banget lu ga takut sama kecoa. btw kalo kecoa dipukul kan baunya ke mana-mana 0_oya udah kamu bikin Tribute to Cockroach aja atuh.. bikin konser.. METAL!!!#irvan: haha.. iya, adu mulutnya heboh banget.#leksa: lulus? amin.. ya ALLAH amin..#jaya: soalnya kucing dan anjing itu kan binatang budidaya.. sedangkan trenggiling dan landak tuh binatang langka.. kalo mereka dibunuhin di praktikum kasian atuh ntar punah..#frans: ga ta, soalnya gua belum pernah megang lu frans.. eh pernah deng pas salaman pas kenalan di kantin.. ya mendingan megeng mereka lah.. :p#m fahmi aulia: sebenernya semua fine-fine aja juga buat gua.. cuman gua ga pernah ngebayangin kalo gua akan berurusan dengan mereka xD#gerry: gua dari dulu udah ngelink blog lu kali Ger..

  6. #nico wijaya: kayanya sih iya.. ternyata pengaruh Sinchan masih bertahan ya sampai saat ini.. terbukti hampir semua mahasiswa menyebut kecebong dengan ‘kebongce’, hahaha,,

  7. praktikum biologi pas SMA dulu juga ada pembunuhan katak. udah gue yang nyari, eeeh, gue juga yang suruh bunuh. begitu kita mulai bedah dan segala macem (dimana bagian dalem si katak mulai kelihatan semua), kita pikir si katak sudah tewas dengan sempurna. eeeeh, nggak taunya dengan gerakan tiba2 dia ngeluncat! ya kaget dan teriak2 semualah orang2 di meja. akhirnya, sejak itu, gue dijuluki “pembunuh katak nggak niat”.

  8. hahaaaa…gak kebayang gue Me..gimana “perkasa”nya lo ber”gelut” dgn “monster”2 itu..*halah.. banyak pisan kutipnya xP*ummbbb..1. kalo kodok gue gak serem, justru sama katak lebih geli..2. kalo Mus musculus, mampusss.. bisa loncat2 gue.. x(3. kalo kecowa, geli sihhh.. tapi biasa aja..4. cupang..? mau donk..! lho..? mksdnya ikan cupangnya cantik gitu.. xD knp ini termasuk monster, Me..?btw, sampe skarang gue masih penasaran sama Kowak..?kayak apa sihhh..???

  9. #nieke: halah.. perkasa dari hongkong.. cupang gua kategorikan sebagai moster soalnya mereka agresif gitu kalo diaduin.. hmm.. kowak ya? mending sekalian lu ga pernah tau makhluk yang satu itu deh :p

  10. Me..walopun gua anak biologi..tapi jujur sampe saat ini gua gak pernah mah nyentuh yang namanya kodok,katak ato sejenisnya…dan cicak dan tokek…ampe gue jadi s.si pun tak kun kutengak hewan2 itu geli aku -syongki-

  11. Tabs and Lyrics, your one stop music resource 100’s of new songs are added weekly. All guitar tabs, guitar chords, bass tabs, drum tabs and lyrics. “http://www.tabs-lyrics.com” Tabs and Lyrics

  12. Tabs and Lyrics, your one stop music resource! 100’s of new songs are added weekly. All guitar tabs, guitar chords, bass tabs, drum tabs and lyrics. “http://www.tabs-lyrics.com” Tabs and Lyrics

  13. Dulu waktu SMA gw pernah bedah2 katak kyk ginian.Waktu gw bedah, gw tusuk organ yg kyk balon (kalo ga salah ada 2), eh ga taunya tuh katak kok malah mati hehehe. Jadilah gw berdosa waktu itu =)

Leave a Reply

