Kopi Sore Mengenang Otto Soemarwoto, Sang Legenda

Senin pagi, saya mendapat event invitation di Facebook dari seorang teman, yang isinya begini:

OBRASS (Obrolan Senin Sore) dalam rangka memperingati 1.000 hari wafatnya Begawan Lingkungan Hidup Indonesia Prof. Otto Soemarwoto. Obrolan akan mengulas tentang gagasan dan pemikiran beliau oleh para penerusnya dari Akademisi, LSM, tokoh masyarakat, dll.

Jujur, walaupun saya sering mendengar nama besarnya, saya tidak pernah benar-benar mengenal sosok dan pemikirannya. Yang saya tahu, kata orang-orang, bapak yang satu ini hebat. Rasa penasaran pun membuat saya menyempatkan diri menghadiri acara OBRASS dengan tajuk “Tribute to Otto Soemarwoto” tersebut.

Tapi tentu saja setelah tahu bahwa teman-teman lain juga akan datang ke sana, hehehe… 

Setalah tanya sana tanya sini, sampailah saya di Kantor DPKLTS, Jl. Riau 189A, Bandung. Sialnya, teman-teman saya datang terlambat, jadi saya harus bengong-bengong sendiri di tempat yang baru pertama kali saya datangi itu. Dan pada kondisi seperti ini, ga ada hal lain yang bisa saya lakukan selain kenalan sama bapa-bapa yang udah nongkrong di sana sebelumnya… sambil sok kenal sok kenal gimanaaaaa gitu…

Singkat kata, mengobrolah kami semua di sana, di saung bambu sederhana yang ada “bar”-nya itu, yang belakangan baru saya bahwa namanya adalah “Saung Mang Ihin”. Saya pesan kopi pahit, sementara semua teman saya pesan bandrek…

Musisi yang menemani kami minup kopi dan bandrek

Kopi dan wajit di atas meja bambu. Ternyata kalau beli kopi di sini dapat bonus 2 buah wajit πŸ™‚
Buat yang belum tau: ini namanya wajit, terbuat dari ketan hitam

Anil sedang minum bandrek πŸ™‚

Selain kopi, bandrek, dan wajit, ternyata di sana ada juga bolu yang terbuat dari ganyong (Canna discolor). Saya baru dengar tentang bahan makanan ini. Ternyata ganyong adalah sejenis ubi jalar. Katanya, ibu-ibu DPKLTS sekarang lagi getol-getolnya mempromosikan penggunaan ganyong sebagai pengganti terigu, yang 100% masih impor.

Kue coklat yang terbuat dari ganyong. Enak looooh πŸ™‚

Tepung ganyong, cuma Rp6.500,00 per kg. Untuk perbandingan, harga terigu sekarang sekitar Rp10.000,00 per kg.

Beginilah kira-kira suasana diskusinya….

Saung ini emang asoy banget buat nongkrong :p

Kenapa gaya saya kaya alay gini ya? Sumpah, saya ga berniat berpose ala alay -_-
Awalnya saya pengen nulis sesuatu yang agak serius di sini, tentang poin-poin belajar yang saya dapat dari acara ini. Tapi ga jadi, gara-gara saya ga punya catetan, hehehe… Kebetulan saya lagi males bawa buku catetan (apalagi laptop), jadi saya cuma bisa nulis di henfon. Tapi terus henfonnya abis batere. Eeeeeaaaa….
Intinya, dari acara ini saya mendapat pencerahan, bahwa di dunia ini ada seorang manusia hebat bernama Otto Soemarwoto, yang begitu gigih memperjuangkan lingkungan hidup. Saya sangat terinspirasi dan akan mencari tahu tentang beliau lebih banyak.  
Anyway, saya sangat suka acara kumpul-kumpul seperti ini. Minum kopi di sore hari, mengenal orang-orang baru, saling berbagi cerita dan pikiran. Sesuatu yang sangat lokal, tapi berdampak global.

Sampai jumpa di acara OBRASS selanjutnya….

19 thoughts on “Kopi Sore Mengenang Otto Soemarwoto, Sang Legenda

  1. waduh serius amat berdiskusinya atau kebetulan foto2nya zonder gelak tawa?Saya amati, ada sosok yang saya akrab dengannya: Adi Raksanagara, lelaki cameuh beruban kaos putih itu guru bahasa saya di kantor (dulu)….

  2. @Pa Ade: betul, itu Pak Adi.. saya sempat ngobrol sebentar dengan beliau..kalau ga salah, beliau ini wartawan travel dan kuliner ya? :)btw, diskusinya ga serius kok… ngobrol ini mah, bukan diskusi, hehehe πŸ˜€

  3. Mbak rime, banyak acara nih, asik2…liputannya juga ok, karena plus foto2… saya malah baru tau kalo si abang Otto itu pejuang lingkungan ,selama ini cuma denger namanya doang, wkakakaka…

  4. adeTruna? Ketemu disini… Terima kasih bahasannya.. πŸ™‚ Nunggu cerita Ganyong nih….. Salam

Leave a Reply

