Apa Sih yang Tidak Mungkin Selain Makan Kepala Sendiri?

Pastinya sebagian besar dari teman-teman sudah mendengar tentang fenomena crop circle yang terbentuk di 7 petak sawah di Sleman Yogyakarta pada 23 Januari 2011 lalu. Fenomena unik ini telah sukses membuat orang berspekulasi tentang keberadaan UFO dan alien di jagad raya, atau minimal kembali memikirkan tentang hal ini.

Walaupun saya sudah kenal fenomena unik ini sejak lumayan lama, tapi sejujurnya, baru kali ini saya benar-benar mencari tahu apa itu crop circle. Tercatat terdapat 26 negara yang melaporkan memiliki crop circle, dengan jumlah total sekitar 10.000 buah.

Para ilmuwan mengatakan bahwa 80% crop circle yang ada di permukaan Bumi bisa dipastikan merupakan kreasi manusia. Sedangkan 20%-nya lagi masih misteri. Ada yang bilang lingkaran-lingkaran ini bisa saja terjadi akibat angin puting beliung. Oh, kemon…. kalau saja angin puting beliungnya adalah hasil ayunan tongkat sihir  Profesor Snape sih saya mungkin percaya.

Bagi teman-teman yang rajin menonton televisi, pasti belakangan ini sering melihat sosok Thomas Djamaluddin, peneliti LAPAN yang sedang laku dimintai penjelasan tentang crop circle oleh media. Beliau menyatakan bahwa crop circle di Sleman itu adalah murni buatan manusia. “Karena UFO itu tidak ada,” tambahnya.

Saya setuju bahwa mungkin itu adalah pekerjaan orang iseng. Tapi bahwa UFO itu tidak ada: Oh ya? Apakah Anda bisa membuktikannya? Atau Anda sekedar tidak mau mengakuinya?

Mungkin tulisan ini akan terkesan sedikit kontroversial. Tapi it’s okey lah yah… saya pengen berpendapat.

Saya belum pernah melihat UFO, tapi saya tidak menyangkal KEMUNGKINAN keberadaannya. Silakan tertawakan jika memang lucu. Tapi setelah tertawa, coba baca postingan ini sampai habis, lalu pikirkan kembali segala kemungkinan yang mungkin belum pernah terpikirkan.

Pertama, coba kita bayangkan Bumi, planet ijo royo-royo yang ukurannya sangat besar dibanding ukuran manusia. Bumi itu besar loh, jadi jangan beranggapan bahwa Bumi itu seluas daun kelor atau seluas Policoman. 😀

Lalu bayangkan keberadaan Bumi pada sistem Tata Surya. Ternyata besar Bumi tidak ada apa-apanya dibanding Jupiter dan Saturnus.

Tapi ternyata Jupiter dan Saturnus pun ga ada apa-apanya dibanding sang surya yang besar dan penuh energi. 🙂 Matahari adalah sumber energi terbesar di Bumi, padahal jaraknya dengan Bumi mencapai 150 juta km.

Tapi ternyata primadona Tata Surya kita itu juga ga ada apa-apanya dibanding bintang-bintang lain di Galaksi Bima Sakti. Cuma kaleng-kalengnya doang ternyata….

Kira-kira beginilah perbandingan besar Galaksi Bima Sakti (yang juga dikenal dengan nama Milky Way atau Susu Tumpah) dengan Tata Surya. Di Galaksi Bima Sakti, Tata Surya hanya digambarkan sebagai satu titik yang hampir tidak terlihat.

Semua bintang yang bisa kita lihat pada malam hari adalah bintang-bintang yang bergugus di Galaksi Bima Sakti.

Ada dongeng nih. Pada tanggal 3 September 2003, kamera teleskop luar angkasa Hubble mulai merekam gambar di satu titik langit pada malam hari.

Luas titik itu adalah sekitar 1/10 luas bulan purnama. Bagi kita yang memandang langit pada malam hari dengan mata telanjang, kita tidak akan melihat apa-apa pada titik ini selain warna hitam.

Setelah mencoba merekam gambar selama 4 bulan, gambar inilah yang diperoleh. Setiap titik pada gambar ini adalah sebuah galaksi. Pada setiap galaksi terdapat milyaran hingga trilyunan bintang, dan setiap bintang mungkin memiliki sistem planet sendiri, seperti halnya matahari. Di foto ini saja terdapat lebih dari 10.000 galaksi.

Gambar di bawah ini adalah objek terjauh yang tertangkap kamera teleskop Hubble, yang jaraknya lebih dari 13 milyar tahun cahaya dari Bumi. Karena jaraknya yang begitu jauh, gambar yang kita lihat ini adalah kondisi saat jagad raya masih berumur 800 juta tahun (umur aslinya adalah sekitar 13,75 milyar tahun).

Jika kita coba ejawantahkan Teori Big Bang (Teori Ledakan Dahsyat), maka saat ini (pada dimensi waktu yang sebenarnya) galaksi-galaksi ini sudah lebih saling berjauhan satu sama lain. Artinya, persepsi “luas” kita perlu diperluas lagi dengan melakukan penyesuaian terhadap dimensi waktu yang sebenarnya.

Dan itu semua adalah apa yang ada pada satu titik, yang menurut mata awam kita hanya merupakan titik tak berarti. Silakan hitung sendiri berapa jumlah galaksi yang ada di jagad raya ini dengan merasiokan luas titik tadi dengan luas langit yang terlihat oleh mata kita.

Terus, apa maksud kamu cerita-cerita tentang jagad raya, Rim?

Simpel aja, sekedar mau ngasih gambaran bahwa jagad raya ini teramat luas.

Mungkin memang tidak ada makhluk asing di jagad raya. Tapi tunggu dulu, jangan-jangan yang Anda maksud sebagai jagad raya adalah Tata Surya. Jika benar begitu, ketahuilah bahwa Tata Surya dan Jagad Raya sangatlah berbeda. Luas Tata Surya sama sekali ga ada apa-apanya dibanding jagad raya. Belum lagi ada kemungkinan keberadaan dimensi ruang lain yang belum kita ketahui sama sekali. 🙂

Apa yang selama ini kita anggap “luas” mungkin belum seluas kenyataannya. Kemampuan penglihatan dan teknologi ciptaan manusia saat ini belum bisa memfasilitasi manusia untuk mengeksplorasi jagad raya secara keseluruhan. Jadi sebaiknya kita ga usah sok tahu kalau kita memang belum tahu apa-apa.

Lalu kenapa kita mesti bersikeras bahwa Bumi adalah satu-satunya planet yang memiliki makhluk hidup dan punya moda transportasi terbang? Bukankah dari keteramatluasan jagad raya ini, akan selalu ada kemungkinan-kemungkinan yang mengejutkan dan mungkin berada di luar batas nalar manusia? 🙂

Sumber gambar: ini, iniini, dan ini.

59 thoughts on “Apa Sih yang Tidak Mungkin Selain Makan Kepala Sendiri?

  1. Aku selalu bertanya-tanya. Di jagat raya seluas ini, ada gak ya kehidupan di luar sana? Kalau ada, apa mereka juga punya nabi-nabi, agama, terus apa Tuhan-nya sama dengan Tuhan pencipta galaksi Bima Sakti? Ya ya ya, pertanyaan aneh memang. 😆

    Terus, bertanya-tanya lagi. Wujud rupa makhluk galaksi lain seperti apa ya? Apa seperti manusia di bumi? Atau seperti di film-film? Atau malah jangan-jangan ada Kimi, Mbak Rime, dan yang lainnya di planet luar. Jadi, semacam kehidupan paralel gitu, kaya’ filmnya Jet Li. Judulnya kalo ga salah “The One” ya? 😆

    Seru kali ya kalo ternyata ada “Kimi” yang wujudnya sama seperti aku di galaksi luar sono. 😀

  2. kalo saya bisa melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana makhluk asing/ alien baru saya percaya

    sejauh ini isu crop circle yang beredar di tipi dan internet masih belum membuat saya percaya kalo itu alien/ufo yang bikin

    cmiiw

  3. Postingan yg menarik, rinci dan ilmiah. Yap, masing2 orang punya pendapat. Bukankah kita menghargai kebebasan berpendapat.
    Nice Post n salam kenal. terus maen2 ke blog butut saya ya Sist..

    Chalief

  4. rinci, jelas, logis dan lengkap semua paparannya. saya malah jadi belajar astronomi disini…
    gak ada yang gak mungkin selama masih ada tata surya lain selain bima sakti pasti ada kehidupan yang seperti kita , who knows…

  5. Iya, saya sendiri menganggap bahwa keberadaan UFO sangat mungkin ada, terlebih dengan penjelasan Mbak Rime di atas, tapi saya juga belum bias percaya bahwa UFO itu ada sebelum saya melihatnya sendiri. Saya sih masih nungguin ahli-ahli luar angkasa yang berbicara soal crop circle ini..

    • ya, saya juga berpikiran sama.

      saya pernah dengar, katanya kalau tanaman di ladang rebah dengan bentuk melengkung, itu mungkin kena panas, dan mungkin ada hubungannya dengan benda luar angkasa. sedangkan kalau rebahnya dalam kondisi patah, itu kerjaan manusia.

      tapi entah deh apa dasar ilmiahnya 🙂

  6. Busyettt, dah.. nice article n great posting… 😀 salut deh.
    Saya pernah baca sebuah buku, kalau nggak salah judulnya “dajjal akan muncul ke bumi” ini buku edisi kedua setelah penulisnya menrbitkan, “berdiskusi dengan jin” yang isinya bahwa pesawat UFO yang sering kita lihat di media adalah kendaraan dajjal dan ada kaitannya dengan segitiga bermuda yang misterius itu.
    Kalau menurut saya pribadi soal kehidupan di alam semesta, cuma bumi yang memiliki kehidupan karena dalam kitab orang muslim, Tuhan menciptakan mahluk terakhir yang bernama manusia dan takdirnya tinggal di bumi. Allahu alam, tapi memang kita nggak pernah tahu apa itu UFO yang sering disebut bangsa amrik. Fiksi ataukah realita? bukankah mereka yang kadang sok tahu, menciptakan teori manusia kera… hehehhehe
    nggak mau kalah panjang sama postingannya… wkwkwkwkwk…
    salam satu blogger…

      • thank you, brader… saya pernah juga mendengar tentang hal itu, tapi saya belum pelajari lebih lanjut.

        maksudnya judulnya adalah begini: manusia ga mungkin kan makan kepalanya sendiri? orang mulutnya ada di kepala kok.

        gitu loh… 😀

  7. Wew.. aku setujuh sekali dengan tulisan ini. Jagat raya ini memang sangat-sangat-sangat-sangat luas…
    aku juga percaya Tata Surya kita yg sangat luas ini juga gak ada apa-apanya..
    hemm..
    Nah, kemungkinan-kemungkinan itu pasti ada…
    Kalau tidak buat apa Tuhan menciptakan Jagat raya seluas ini kalau cuma di isi oleh manusia yang ukurannya tidak ada apa-apanya ini???
    Untuk apa sisa luas yang lainnya???
    Bukan kah Tuhan tidak menciptakan yang sia-sia?
    Kemungkinan itu pasti ada.. 😀

  8. beuh, kayaknya semua ilmu biologi di bumi udah habis dilahap ya? sampe ekspansi ke luar angkasa gitu…
    bikin cabang ilmu baru aja me… astrobionomilogi… 😀

    • belooooom… ini cuma iseng aja karena saya juga tertarik dengan dunia astronomi 😀

      kalau udah terbukti ada kehidupan di luar angkasa, baru deh bisa bikin astrobionomilogi 😀

  9. nice point.

    saya sering berandai-andai suatu hari di masa depan, tentu saja ketika saya masih hidup, alien beramai-ramai berkunjung ke bumi dalam misi damai. berwisata misalnya. dan kita manusia juga beramai-ramai melancong ke planet alien. 🙂

    duh, keknya saya kebanyakan baca komik doraemon waktu kecil. 🙂

  10. rimeeee! what a long time! tiba-tiba hari ini saya kangen buka blog dan jalan2 ke blog teman2 dulu. banyak yg pensiun. tp masih byk jg yg aktif seperti kamu. terharu saya liat link blog saya msh terpampang rapi di blog mu yg blogspot :’) sebenarnya sekarang saya lebih aktif berkicau ditwitter. ahhh tulisan2 mu ga ada berubah sepertinya. tetap tajam, detil, dan kontroversial. hehe. terus berkarya ya me!

    • saya aktif kembali belum lama kok, palingan baru satu bulan yang lalu 🙂

      ya dong, masa sih link blog mister terhapus dari blogroll, hehehe…

      saya tunggu juga karya-karyamu mister 😀

  11. hakakkakaka…..
    setuju sekali, meski yang jogja itu terlalu konyol klo dijadikan jejak UFO…
    emang ane juga ketawa waktu bapak itu ngomong di tipi….
    “UFO itu tidak ada” (dengan cara bicara yang amat jauh mencerminkan seorang peneliti….)

  12. Pertama saya pengen ngasih tau bahwa tadi saya ketemu Prof. Snape dan dia berang kok pake bawa-bawa namanya segala… 😆 haha….

    Sepakat mbak rim… emang dunia kita terlalu luas, so kita gak bisa tau apa yang ada di luar sana. Tidak pernah ketemu UFO bukan berarti UFO tidak ada… Intinya mgkin hati-hati ngomong di depan publik

    Tulisan yang menarik, dan sepertinya dikemas dengan serius *plus emosi juga haha… Good job 🙂

    • Ada lalat, eh.. maksudnya ada ralat…
      atau lebih tepatnya klarifikasi
      Emotion doesn’t definitely mean anger nor in angry.
      Emotion means a strong feeling, reaction, or excitement

      Ya, i got your style mbak rim 🙂 keep up with that…

      • Hehehe… ya ampun, pake ditanggapi segala.

        seringkali orang mengartikan emosi dengan sesuatu yang negatif… saya cuma ga mau salah paham aja.

        thanks for the clarification…. and for the comments 🙂

  13. sangat menarik nih pembahasannya 😀
    di buku ttg dajjal yang pernah sy baca..ada pmbahasan ttg ufo yg katanya mereka bermuara di segitiga bermuda.. g tau bener atau g semuanya kontroversial. ttg crop circle ini ada pelemnya the sign di tahun 2003an gitu y jadi inget pelm itu pas liat berita di tipi hihi..
    wallahu’alam deh apa faktanya..kecuali sudah ada yang membuktikan dan benar menurut akal logika ^^

  14. pernah mendapatkan gambar – gamabr serupa dan cerita serupa pas kuliag filsafat agama waktu masih duduk di bangku kampus yang dulu.
    dan sangat merinding membayangkan bahwa kita ; aku lebih tepatnya karena waktu itu cuman mikirin diri sendiri : sangat amat kecil sekaliii…

    bagaikan apa yah….
    pasir di pinggir pantai
    (mainstream bgt istilahnya)
    ah itu lah intinya…

    • pasir kayanya masih kegedean mbak ais… mungkin lebih tepat pake istilah “bakteri lagi diare” (hahahaha, lebay)

      jujur, gambar ini juga memancing saya untuk sadar diri bahwa kita dan planet ini tuh kecil banget…. 🙂

  15. Saya belum pernah melihat UFO juga..tapi sampai sekarang ini saya percaya kalau UFO itu adalah proyek gagal NASA dan untuk menutupinya NASA dengan pintarnya memblow up kalau ada UFO.

    Padahal royek gagalnya mengirim orang ke bulan tuh….NASA kan takut kalah ama Rusia dan iya, sebenarnya Rusia lebih hebat..cuma lagi-lagi NASA lebih pintar di publikasinya 😀

    just IMO, heheh

  16. kemungkinan alien ada atau tidak
    who knows ?
    karena jagad raya ini luas sekali
    dan hingga kini belum ada yang bisa membuktikannya

    pernah baca kalo ada kasus UFO pernah jatuh di kawasan Roswell, New Mexico tahun 1947… dan kabarnya didalam UFO tersebut terdapat alien, pemerintah AS sampai sekarang menutupi berita tentang jatuhnya UFO tersebut . sampai pada tahun 1995 tersebar video yang memperlihatkan pembedahan alien yang katanya dari UFO yang jatuh di Rosswel, video itu yang bocor dari AREA 51 (pusat pengembangan militer rahasia AS ). dan kabarnya juga di area 51, sering terlihat adanya UFO dan juga ada yang mengatkan AREA 51 merupakan tempat pendaratan UFO yang melakukan kontak dengan manusia

    maaf mbak rime, komen nya panjang *hehe*

  17. Never ending story of UFO.. emang bikin penasaran, dan aku setuju sama rime, mungkin banget ada kehidupan lain selain di bumi..
    semoga tetep jadi misteri, biar manusia tetap bebas ngayal ttg isi jagad raya! kalo ketebak, ga seru lagi nanti ngayalnya.. hehehe!

  18. ada beberapa blog yang saya suka banget baca setiap postingannya.. berkali kali… ya, blog semacam ini dengan gaya tutur yang *plash plash plash.. *

    soal CC saya ga terlalu peduli, tapi soal alien.. bukan tidak mungkin. cuma kita mesti lebih bijak menyaring informasi yang masuk.. jangan asal telan mentah2.. :mrgreen:

    salam ya mbak.. saya seneng nyasar sampai sini.. 😳

  19. Yap, perihal crop circle di sleman, saya yakin itu perbuatan seniman, entah dari mana, dan seniman yang ingin diperhatikan. 😆 Penduduk sekitar pasti dibayar untuk mengaku “nggak tahu”. Kalopun memang lingkaran sawah itu dibuat dalam semalam, saya yakin bisa. Mengapa tidak? Jangan remehkan dedikasi para seniman. :mrgreen:

    Perihal makhluk luar angkasa, saya meyakini mungkin ada. Di planet2 nun jauh di sana di galaksi yang lain, saya yakin ada makhluk hidup. Tapiiiiii tetap aja saya meyakini bahwa manusia adalah makhluk yang paling sempurna. Saya nggak percaya kalo makhluk luar angkasa bisa bikin pesawat terbang angkasa yang biasa kita anggap sebagai ‘piring terbang’. Saya skeptis dengan hal itu. 😀

  20. Halo, numpang komen..

    UFO kan kepanjangannya Unidentified Flying Object, selama ada benda terbang trus ngga ketauan itu apaan udah bisa disebut UFO.. ngga bisa bilang kalo UFO itu ngga ada dong *nyolot*

    dari sekedar wahana terbangnya, gw lebih tertarik keberadaan makhluk luar angkasa di planet/galaksi atau apalah nama tempat asalnya..
    gw berharap mereka beneran ada.. tapi belum meyakini mereka ada..

    kalo mau tau yang bikin circle crop harus liat yang ini nih:
    http://fuckyeahmahasiswa.tumblr.com/post/3107199799/fenomena-crop-circle

  21. Alien Bersahabat sadar lah gk mungkin bersahabat. WHY? mengapa ada yg tau? karena coba loe bayangin deh apa yg akan COLOMBUS lakukan setelah menemukan DUNIA baru heh NYADAR sekarang?!

  22. Lingkaran (crop circle) itu manusia yg buat mungkin juga setan..!
    Gak ada tuh yg namanya Alien.., kalo bener ada kenapa takut ia menampakan wujudnya, kenapa juga gak singgah, cuma bikin crop cirle..maksudnya apa coba..?

    Langit itu luas…tak terhingga, dan bumi yg kita pijak itu seperti sebutir pasir..
    kenapa kalian bingung dan masih ragu…!!

    Maka itulah kalimat Takbir terucap…..ALLAHU AKBAR…..!!!
    Lantas mengapa kita masih ingkar kepadanya….

  23. atau jangan jangan2 jagad raya itu hanya setitik debu yang tidak menarik di sebuah alam besar!

    seperti mahluk aneh yg terperangka di gua, tak trjangkau apapun, terisolasi selama treliunan teta tahun, dan membentuk koloni koloni titik panas (bintang) ahaha lol! payah

Leave a Reply

