Haris, Kenapa Tak Kau Katakan Saja Bahwa Kau Suka Roti Isi Selai Arbei?

Kata orang, cinta itu artinya memahami, mulai dari hal-hal besar hingga hal-hal yang sangat kecil yang berhubungan dengan orang yang kita cintai. Tapi mencintai itu bukan sulap, jadi jika ingin dicintai, cobalah pahami terlebih dahulu bahwa seseorang butuh waktu untuk paham akan apa yang kita mau.

Itulah pesan moral yang pertama kali terlintas dalam pikiran saya selepas menonton film “Cinta dalam Sepotong Roti” karya Garin Nugroho. Karya ketiga dari sutradara kondang ini bercerita tentang sepasang suami istri bernama Haris dan Mayang yang kehidupan rumah tangganya kurang harmonis. Sang suami selalu merasa rendah diri di bawah bayang-bayang sahabatnya dan juga sahabat istrinya semasa kecil, Topan, yang selalu lebih hebat dan lebih pintar darinya. Rasa rendah diri yang terpendam sejak kecil terus menyeretnya ke jurang kecemburuan yang tidak pernah habis kepada Topan.

Salah satu kalimat yang terlontar dari mulut Haris saat cekcok dengan Mayang adalah “Bahkan kamu tidak tahu apa isi roti kesukaanku, padahal kita sudah satu tahun menikah.” Mayang yang tahu bahwa Topan sangat suka roti isi srikaya kemudian menjawab “Bagaimana aku bisa tahu, kalau setiap kali kutanyakan kau mau roti isi apa, kau selalu menjawab ‘apa saja lah’.”

Seringkali dalam menjalani hidup yang singkat ini, kita menghendaki sesuatu tanpa sebelumnya memahami apakah Β kita sudah menyediakan relung yang dibutuhkan agar sesuatu itu bisa terjadi. Tanpa sadar kita menghendaki suatu keajaiban di tengah kemustahilan yang kita buat sendiri. Seperti Haris yang berharap Mayang tahu bahwa dia sangat suka roti isi selai arbei, sementara dia tidak pernah mengutarakannya.

Advertisements

43 thoughts on “Haris, Kenapa Tak Kau Katakan Saja Bahwa Kau Suka Roti Isi Selai Arbei?

    • eh, mas Prim, ini film tahun 1990 looooh πŸ˜€

      iya, itu roti whole grain, saya juga suka banget, apalagi kalau pake nutella, heheheh πŸ™‚

      • aku kenal roti jenis ini pas di US… ngerasa emang lebih enak *harganya juga agak mahal dikit* dicemil gt aja enak… apalagi pake selai, keju, atau es krim… hmmmm… tapi temenku yang european, mereka suka roti yang loaf keras kaya batu, wkakakkaa…. katanya kalo roti tawar biasa itu “bull-shit” alias gak kenyang, sialan… πŸ˜›

      • oh, roti perancis ya? saya juga suka loh roti perancis.. memang mengenyangkan, dan bisa bikin roti tawar kalah saing, hehehe πŸ˜€

  1. Tanpa sadar kita menghendaki suatu keajaiban di tengah kemustahilan yang kita buat sendiri.
    yah me, itu semua terjadi tanpa kita sadari. kalau kata orang, gali lobang kuburan sendiri
    πŸ˜€
    dan aku sering mengalami hal kek gitu. berharap ketemu jodoh tapi tiap hari dekem di rumah, berharap dapet duit, tapi kagak mau nyari kerjaan. iyah gak sih?

  2. Jadi inget temen q yang putus nyambung sama pacarnya . . . kalau saya hitung dari tahun 2010 sudah 25 x mungkin putus nyambung . . . curhatnya ke saya terus sampe bosen ~_~

    alasannya sama percis kayak artikel ini

  3. mirip dengan kejadian seberang kos dulu, putus dgn pacarnya hanya gara2 dianggap ga bisa memahami perasaannya padahal pacarnya ga prnah ungkapin perasaannya, xixixi
    TabiK

    • ya, ini adalah salah satu keunggulan Garin dalam memproduksi sebuah film, dia mampu menangkap realita sehari-hari yang sering terabaikan menjadi sebuah cerita menarik πŸ˜€

  4. Hiks,, itulah gunanya ada kejujuran dan keterbukaan,,
    nungguin orang ngerti mah gak bakalan sesuai harapan kita, secara kita gak mau komunikasi.. 😦

    trus, akhirnya gimana nih Me?? *lhoh jadi penasaran ma pilemnya,, heheh*

  5. Kasus seperti itu banyak terjadi…
    Ada yang menuntut bahkan terlalu menuntut pasangannya ngerti sendiri tanpa sekalipun dia mengutarakannya.
    Orang yg tipe gini biasanya amat pelupa…
    Pesan saya:
    Kalau cari pasangan jangan ambil yang pelupa!

  6. cuma orang yang tahu ilmu kebatinan yang tahu isi hati orang tanpa mengutarakannya. eh, emang apa ada orang kayak gitu.. xixixi..
    lama tak berkunjung ke blogmu kawan

  7. Kadang hal sepele bisa jadi hal yang penting untuk kita pahami.. permasalahan roti kesukaan juga salah satu hal sepele yang penting, iyes? πŸ˜€

  8. wuiiih aku banget nih, klo lagi ngambek sama pacar dieeemm aja plus manyun, berharap si pacar bisa nyadar sendiri.. karna diem aja, si pacar ga nyadar, akhirnya dicuekin, dan aku malah tambah marah, hahhaha ga jelas beraaaatt! 😳

  9. Tanpa sadar kita menghendaki suatu keajaiban di tengah kemustahilan yang kita buat sendiri. Seperti Haris yang berharap Mayang tahu bahwa dia sangat suka roti isi selai arbei, sementara dia tidak pernah mengutarakannya.

    ah ya, berharap pasangan dapat membaca pikiran kita itu emang benar-benar mustahil, kecuali ya pasangannya dukun kali yaaaaa… πŸ˜†

  10. komunikasi itu kunci, namun yah… pada realitasnya kita sering ‘memaksa’ orang lain ‘menjadi paranormal’ yang bisa ngebaca isi kepala kita, ada banyak alasan, mungkin enggan, takut orang lain merasa tidak nyaman. Mungkin juga ego, yang menganggap orang lain yang harus memahami tanpa kita berusaha membuat mereka paham, ah… betapa komunikasi itu memang kunci πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s