[Wedding Preparation] Rak Untuk Membuat Souvenir Terarrium

Helo epribadi… Saya kembali datang dengan kesadaran penuh bahwa penyakit saya kambuh. Saya lama sekali ga apdet blog, dengan alasan yang ga banget: “terlalu banyak yang mau ditulis, sampai bingung mau nulis apa.

Beneran deh, banyak banget yang mau ditulis, mulai dari naik gajah di tengah hutan sampe nongkrong-nongkrong di bagian paling Barat Indonesia. Well, akhirnya saya putuskan untuk nulis tentang update pernikahan dulu, karena momennya terbatas, dan rasanya sayang banget kalau momennya terlewat 🙂

Masih ingat kan kalau saya akan bikin souvenir macam ini?

Karena waktunya makin lama makin dekat, maka dalam waktu dekat ini saya harus sudah mulai membuat 500 buah terarrium. Banyak memang… dan repot memang… dan butuh tempat yang cukup luas memang…. Ini adalah konsekuensi dari keinginan untuk bikin yang aneh-aneh.

Awalnya saya ga ngebayangin, bikin 500 terarrium itu butuh tempat seberapa luas, jadi saya nyantai-nyantai aja. Ternyata eh ternyata, setelah dihitung-hitung, jika diameter gelasnya adalah 8 cm, maka:

Luas ruang kotak untuk 1 gelas = 0,08 m x 0,08 m = 0,0064 m2

Luas ruang total = 500 x 0,0064 m2 = 3,2 m2

Ga terlalu luas memang, 3,2 m2 itu kurang dari 2 m x 2 m, berarti bisa digarap di gudang atau di kamar kosong. Tapi kemudian pertanyaannya adalah, bagaimana saya bisa merawat tanaman yang disusun berjejer dalam 2 m x 2 m penuh? Rempong banget pasti.

Akhirnya solusinya adalah bikin rak…! Rak yang saya coba bikin adalah rak yang tersusun dari rangka siku besi yang bisa dibongkar pasang, yang dibantubikinkan oleh Mang Enjang, orang kepercayaannya sih mamah untuk masalah pertukangan.

Kira-kira begini bentuknya:

Rak ini baru setengah jadi, karena kemarin sore ternyata bautnya kurang, jadi pengerjaannya ditunda jadi hari ini.

Buat yang penasaran sama biayanya, untuk bikin rak 6 lapis dengan volume 1 m x 1 m x 0,5 m, dibutuhkan 5 batang siku besi yang masing-masing panjangnya 4 m. Satu rangka besi harganya Rp 35.000,00 sehingga totalnya adalah Rp 140.000,00 ditambah sejumlah baut (yang saya ga tau harganya berapa), dan sejumlah papan triplek yang saya juga ga tau harganya berapa. *Ini sebenernya niat ga sih ngasih info biaya raknya? :p*

Tentang souvenirnya sendiri, saya masih punya PR untuk nyari gelas sebanyak sekitar 18 lusinan lagi, karena stok di tokonya abis. Agak bingung juga nyari di mana, soalnya di toko-toko gelas terkemuka di kota Bandung, gelas model ini abis terus. Doakan saya ya teman-teman.. 😀

Atau adakah di antara teman-teman yang punya toko gelas? 😉

14 thoughts on “[Wedding Preparation] Rak Untuk Membuat Souvenir Terarrium

  1. Sebelum banyak bicara…let me say ” Congratulation!!!!” sungguh kehilangan berita besar ternyata si Mbak Rime mau nikah aja…diundang gak ya??haduuuh, pertanyaannya kalau di undang Hani bisa datang tidak ya….

    ENtahlah…keknya semangatnya bisa di contek, menyiapkan souvenir buatan sendiri and its always nice….dan Mbak Rime termasuk yang penuh perhitunngan 🙂

    Keren…moga lancar dan jgn lupa kabar-kabari 😛

    • diundang dong, masa sih mbak Hani yang cantik jelita ga diundang 🙂
      tapi saya ga menerima reimburse ongkos Malang-Bandung ya mbak, hehehe :p

      betul mbak, memang harus diperhitungkan dengan tepat, masalahnya saya ga punya banyak uang… kalau uangnya kebuang kan sayang 😉

      makasih ya mbak atas doanya 😀

  2. unik, semoga semuanya lancar,
    souvenirnya bakal laku keras, boleh ga ya, dateng cuma buat ambil souvenirnya aja # ditimpuk Rime 😀

Leave a Reply

