WWF Forest Friends Uckermark Trip – Day 1: Ich Liebe Uckermark!

Lychen, Uckermark, Jerman, 24 Juli 2011

Yeah, akhirnya saya bertemu lagi dengan Lena, setelah sekitar 2 bulan lalu kami berpetualang bersama mengarungi lebatnya Taman Nasional Tesso Nilo bersama gajah-gajah Flying Squad dan mencari jejak Harimau Sumatera. Kali ini giliran saya mengunjungi Lena di Jerman, tepatnya di Uckermark. Ya, benar, kunjungan ini masih merupakan bagian dari program WWF Forest Friends, dan ini adalah bagian terakhir dari perjalanan kami.

Saya dan Annisa tiba di Berlin pada 24 Juli 2011 pukul 08:30 pagi waktu setempat, setelah menempuh perjalanan sekitar 18 jam (termasuk transit di Kuala Lumpur dan Amsterdam). Di Bandara Berlin, kami bertemu Astrid Korolczuk, seorang perwakilan WWF Jerman, yang kemudian memboyong kami ke Berlin Hauptbahnhof, stasiun kereta api utama di Berlin. Di Berlin Hauptbahnhof saya kemudian bertemu Lena Gottschalk, partner Forest Friends saya, dan juga Hagen Betzwieser dokumentator kegiatan kami selama seminggu ke depan). Senangnya bertemu kembali dengan Lena! 🙂

Saat ini sedang musim panas di Berlin. Kata Astrid, kami beruntung karena cuaca saat itu cukup hangat dibanding hari-hari sebelumnya, yaitu sekitar 20 derajat Celcius. Tapi tetap saja, bagi saya cuaca hari itu sangat dingin. Walaupun awan cukup tebal menutupi langit, syukurlah kami masih bisa menikmati secuil sinar matahari di sore hari.

Berlin Hauptbahnhof

(c) Hagen Betzwieser/WWF Germany 2011

Berlin sangat sepi hari ini. “Sebagian besar pertokoan di Berlin tutup pada hari Minggu, dan orang banyak menghabiskan waktu akhir pekan mereka untuk bertemu sanak famili,” tutur Astrid. Saya sangat suka Berlin. Saya selalu suka kota yang rapi, bersih, dan yang paling keren: punya jalur sepeda.

Walaupun di Bandung (kota asal saya) juga ada jalur sepeda, tapi kualitasnya sangatlah berbeda dengan di sini. Di Berlin, para pesepeda bisa menggoes sepedanya dengan nyaman tanpa harus was-was berbaku hantam dengan para pengguna mobil atau pejalan kaki. Saya bilang sangat berbeda, karena di Bandung jalur sepeda beririsan dengan jalan raya dan trotoar.

Jalur sepeda di Berlin.

Hari ini kami berangkat dari Berlin Hauptbahnhof menuju Uckermark Lake Park (Uckermark akan menjadi lokasi kegiatan kami selama seminggu ke depan) menggunakan kereta api dengan waktu tempuh selama 1 jam. Uckermark adalah sebuah wilayah administratif yang memiliki kawasan lindung paling luas di Jerman, yaitu sekitar 40.604 ha dari luas total 3.058 km². Di luar dugaan, kami tiba 2 jam lebih cepat di Uckermark. Sekitar pukul 14:00 waktu setempat, kami berjalan-jalan berkeliling kompleks motel Treibholz, tempat kami menginap, dengan ditemani Markus sang pemilik motel.

Motel tempat kami menginap (c) Hagen Betzwieser/WWF Germany 2011

Berjalan-jalan di sekitar motel (c) Hagen Betzwieser/WWF Germany 2011

Jalan kecil di sebelah kanan motel.

Muara sungai yang menuju salah satu danau di Uckermark.

Menurut penuturan Markus, Uckermark memiliki bentuk yang menarik karena mendapat pengaruh besar dari fenomena pencairan es pada jaman es terakhir. Saat es encair, air dan angin menggeser bebatuan dan pasir ke tempat-tempat tertentu yang kemudian membentuk bukit, lembah, dan sungai. Markus menambahkan, bebatuan sisa jaman es terebut kemudian banyak digunakan oleh masyarakat setempat untuk membuat bangunan seperti rumah atau gereja.

(c) Hagen Betzwieser/WWF Germany 2011

Gereja yang tersusun atas bebatuan sisa jaman es.

Selama berabad-abad, Uckermark ditanami berbagai macam tumbuhan, sehingga kini menghasilkan keragaman tumbuhan yang cukup tinggi. Di Uckermark, kita bisa menemukan beberapa spesies tumbuhan endemik Eropa seperti Marsh Orchid (Dactylorhiza majalis), Feather Grass (Stipa pennata), Siberian Bellflower (Campanula sibirica), serta burung Lesser Spotted Eagle (Aquila pomarina), dan Great Bittern (Botaurus stellaris).
Di hari pertama ini, kami belum menemukan banyak tumbuhan dan binatang endemik. Tapi kami sangat beruntung karena kami bisa melihat Bumblebee (Bombus sp.) yang terancam punah karena habitatnya semakin lama semakin berkurang. Kami juga menemukan beberapa spesies bebek dan ikan di danau yang jernih.

Bumblebee (c) Hagen Betzwieser/WWF Germany 2011

Pengalaman kuliner hari ini sangat menarik. Saat makan siang, sekitar pukul 16:30 (atau 21:30 WIB), saya memesan salad sayuran dengan tujuan agar tidak terlalu kenyang. Tapi tak dinyana, ternyata salad yang disajikan berukuran jumbo. Bahkan ekstra jumbo, karena ukurannya 3-4 kali lebih besar dari porsi yang biasa saya santap di Indonesia. Sayang sekali saya tidak menghabiskannya. Untuk pelepas dahaga, saya mencoba Apfelsaftschorle (sari apel yang dicampur dengan air soda). Oh, saya suka sekali Apfelsaftschorle! 🙂

Untuk makan malam, saya memesan omelet dan kentang (ah, sayang sekali saya lupa namanya). Sebenarnya pada menu ini disajikan juga sepiring kecil salad, tapi saya memesan menu tanpa salad, karena khawatir tidak bisa menghabiskannya lagi. Sedangkan untuk minumannya, saya mencoba yang Radler (air limun yang dicampur dengan bir). Omelet dan kentangnya terlalu asin bagi saya, tapi Saya suka sekali Radler! Saya mau Radler lagi…! 🙂

Radler

Saya tidak sabar menunggu esok hari untuk menikmati indahnya alam Uckermark, mengangumi bangunan-bangunan menariknya, mendengarkan sejarah-sejarahnya, sambil mencicipi kuliner khasnya, dan yang terpenting: berbagi keceriaan bersama Lena Gottschalk, my lovely Forest Friend. 🙂

Lenna Gottschalk

Sampai jumpa di reportase selanjutnya. 🙂

Advertisements

4 thoughts on “WWF Forest Friends Uckermark Trip – Day 1: Ich Liebe Uckermark!

  1. Wahhhh, keren bangetttt reportasenya Mbak..
    pasti banyak pengalaman semasa di sana..
    acaranya pasti keren, seru, dan tentu saja bermanfaat..
    pokoknya setia menanti reportase selanjutnya deh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s