[Site Review] Diskon.com dan Hasrat Berburu Diskon

Saat saya menikah sekitar satu tahun lalu, saya membuat sayembara foto pada saat resepsi pernikahan. Ini hanya untuk iseng-iseng saja, sekaligus supaya banyak yang upload foto pernikahan saya di Facebook :D. Namanya sayembara pastilah ada hadiahnya. Saya sempat bingung memikirkan hadiah yang cocok untuk sayembara ini. Rasanya kalau hadiahnya berupa barang, kesannya kok agak-agak norak.

Lalu seorang teman memberi ide untuk menghadiahkan voucher makan gratis saja. Ide yang bagus, pikir saya. Saya pun kemudian mencari tahu bagaimana cara mendapatkan voucher makan gratis yang dimaksud. Tentu saja “gratis”-nya bukan untuk saya, tapi untuk si pemenang sayembara. Saya hanya bertugas mencarikan dan membelikannya saja. 🙂

Hasil pencarian melabuhkan saya pada sebuah situs daily deal. Beginilah awal mula saya mengenal situs-situs daily deal dan selanjutnya mulai sering berburu diskon di sana. Namun lambat laun kesenangan ini terpaksa harus hilang, karena satu demi satu situs-situs ini gulung tikar atau tidak lagi bekerja sama dengan merchant-merchant yang ada di kota saya, kota Bandung.

Sampai kemudian saya menemukan satu situs daily deal baru bernama Diskon.com yang memberikan pelayanan bagi pelanggan di Bandung. Sebenarnya situs ini tidak terlalu baru, karena situs ini telah beroperasi sejak Februari 2012 lalu, dan peminatnya sudah lumayan banyak. Syukurlah saya “dipertemukan” dengan situs ini oleh mesin pencari Google, sehingga hobi lama saya bisa saya hidupkan kembali. 😀

.

Apa Itu Situs Daily Deal dan Apa Itu Diskon.com?

Situs daily deal adalah situs yang memberikan layanan potongan harga atas produk-produk tertentu kepada pelanggan, seperti voucher di kedai makanan atau voucher jasa-jasa lain seperti salon, spa, kesehatan, toko perhiasan, dan lain-lain. Potongan harga ini didapatkan atas kerja sama dengan merchant-merchant pemilik usaha. Jadi di satu sisi situs ini memberi keuntungan kepada para pelanggannya, dan di sisi lain membantu merchant-merchant mempromosikan usahanya.

Diskon.com adalah situs daily deal dalam negeri terbaru saat ini. Berbasis di Yogyakarta, situs ini memberikan pelayanan kepada para pelanggannya yang tersebar di tujuh kota yaitu Yogyakarta, Bandung, Jakarta, Solo, Semarang, Surabaya, dan Denpasar. Sayangnya, karena masih baru, untuk beberapa kota deal yang ditawarkan masih terbatas.

Bagi kamu yang belum pernah menjadi pelanggan situs daily deal, cara menjadi pelanggan dan berburu diskon di Diskon.com sangatlah mudah. Cukup ikuti langkah-langkah berikut ini:

Nah, begitu pula jika kamu punya merchant di salah satu atau beberapa kota yang tadi saya sebutkan di atas, kamu juga bisa bekerja sama dengan Diskon.com untuk mempromosikan merchant kamu. Caranya adalah sebagai berikut:

.

[Layout] Kesan Pertama Begitu Menggoda

Untuk urusan goda-menggoda, situs daily deal yang satu ini bisa dikatakan jawara. Momen kritis suatu situs ditentukan oleh layout situs yang bersangkutan. Semakin menarik dan sederhana layout suatu situs, maka semakin besar pula peluang pengunjung tergoda dan akhirnya jatuh cinta dengan situs tersebut. 😀

Pilihan nama yang sederhana dan sangat pas dengan maknanya, membuat Diskon.com mudah sekali diingat. Apalagi ditunjang dengan logonya yang berupa keranjang belanja berlambang “%” yang sangat memberikan nuansa “diskon.”

Saat pertama kali kita menjejakkan kaki di Diskon.com, kita akan ditodong untuk menuliskan alamat email dan kota tempat tinggal kita. Tapi tenang saja, ini bukan paksaan. Jadi jika kamu tidak bersedia mendaftarkan email kamu tapi tetap ingin berselancar, cukup klik tulisan “sudah pernah daftar Diskon.com” :mrgreen:. Nanti kalau sudah jatuh cinta, barulah daftarkan email kamu untuk mendapatkan newsletter yang akan di-update via email secara berkala.

Pilihan warna yang lembut akan membuat kita nyaman berlama-lama di situs ini. Ukuran font-nya juga pas, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Saya yakin kamu tidak akan tersesat. Kita tidak perlu men-scroll terlalu banyak, link-link penting yang kita butuhkan untuk menggali informasi lebih jauh bisa kita temukan di halaman utama Diskon.com.

Ukuran situs ini juga tidak terlalu berat, paling tidak untuk saya. Tapi mungkin bagi pengunjung yang akses internetnya lebih terbatas, situs ini bisa dibilang cukup berat karena menampilkan banyak gambar.

Saya iseng-iseng mengecek kecepatan waktu loading situs ini di Pingdom.com, dan inilah hasilnya. Untuk data yang lebih lengkap, bisa dicek di link ini.

.

[Konten] Ternyata Bukan Hanya Kesan Pertamanya yang Menggoda..  

… tapi juga diskon-diskonnya! Kebanyakan diskon yang ditawarkan untuk produk-produk yang dijajakan adalah 50%. Tapi kalau kita beruntung, kita bisa juga menemukan diskon 100%. Kalau tidak percaya, nih saya kasih barbuk. :mrgreen:

Sebelum berburu diskon, pastikan kita memilih kota yang sesuai dengan kebutuhan kita. Setelahnya, tadaaaaa… beragam penawaran menggiurkan pun bermunculan. Dalam penawaran setiap produk, ditampilkan gambar ciamik beserta info detil terkait berapa besar diskon yang diberikan, berapa harga pasca diskon, dan berapa uang yang kita hemat jika kita mengambil penawaran tersebut. Dan karena ini bukan penawaran yang tak terbatas, ditampilkan pula batas waktu yang kita punya untuk menentukan mengambil penawaran tersebut atau tidak.

Untuk penawaran utama pada setiap kota, penampilannya adalah sebagai berikut:

Sedangkan penawaran-penawaran lain ditampilkan dalam ukuran yang lebih kecil, dan untuk bisa mengetahui batas waktu pengambilan penawaran, kita cukup mengarahkan kursor ke gambar produk.

Jika kita mengklik tombol “detil” atau nama produk, kita akan disuguhi informasi lengkap seputar produk ini, mulai dari profil, peta lokasi, harga-harga, ketentuan penggunaan deal, hingga foto-foto produk yang bisa membuat kita ngiler.

Kalau kamu kurang yakin dengan produk yang ditawarkan, kamu bisa cek dulu review produk-produk tersebut yang telah diujicoba langsung oleh karyawan Diskon.com. Tapi ini baru berlaku untuk produk-produk yang ditawarkan di Yogyakarta saja ya. Pelanggan dari kota lain harus bersabar dulu. 🙂

Kalau masih pusing dan bingung, kamu bisa buka FAQ yang link-nya terdapat di bagian bawah situs. Selain FAQ, ada juga fasilitas “kontak kami,” blog, dan informasi lowongan kerja. Tapi mungkin karena masih baru, situs ini belum menampilkan beberapa elemen lain yang biasanya ada pada sebuah situs, di antaranya:

  • Testimoni, baik testimoni tentang produk yang ditawarkan, maupun testimoni kesan-kesan menjadi pelanggan Diskon.com. Testimoni ini bisa dibuat oleh pelanggan maupun merchant. Semakin banyak testimoni positif, maka rasa percaya calon pelanggan atau merchant akan semakin besar.
  • Sitemap. Selain bisa mempermudah pengunjung mencari suatu artikel atau dealsitemap juga berfungsi mempermudah mesin pencari (seperti Google) mengindex keseluruhan isi situs. Lebih jauh, admin situs juga bisa dengan mudah melakukan pengecekan broken link pada situs bersangkutan.
  • Terms and Conditions. Ini merupakan salah satu elemen paling penting pada sebuah situs karena berisikan aturan main dasar yang harus disepakati oleh pihak-pihak yang terlibat, misalnya aturan copyright, syarat keanggotaan, ketentuan ganti rugi/pembatalan, dan sebagainya. Dengan adanya Terms and Conditions, masalah yang sewaktu-waktu datang bisa ditangani dengan cepat.
  • Privacy Policy. Sebagai situs yang melibatkan banyak pengguna yang menyertakan identitas pribadi mereka, Diskon.com sangat perlu memiliki privacy policy. Dalam elemen ini dijelaskan bagimana pengelola situs mengatur dan menggunakan database identitas pengguna, serta bagaimana komitmen pemilik situs menjaga keamanan data tersebut.
  • Profil Perusahaan Induk. Walaupun pada bagian bawah situs Diskon.com tertera tulisan yang menjelaskan bahwa situs ini berada di bawah PT. JC Indonesia, alangkah lebih baik jika situs ini juga memuat profil perusahaan induk tersebut (misalnya ada link ke laman ini). Selain itu, link artikel press release Diskon.com juga mungkin perlu ditampilkan untuk menegaskan bahwa situs ini benar-benar berada di bawah tanggungjawab PT. JC (misalnya ada link ke laman ini).
  • Mesin Pencari Internal. Layanan ini akan sangat membantu pengguna yang mencari produk dengan spesifikasi tertentu.

.

Beda Diskon.com dengan Situs Daily Deal Lain

Kalau ditanya apa yang membuat Diskon.com berbeda dengan situs daily deal lain, jawabannya: banyak!

  • Diskonnya lebih gila. Malah bisa sampai 100%!
  • Voucher diberikan dalam bentuk kode kombinasi huruf dan angka melalui email dan SMS. Jadi pengguna tidak perlu repot-repot memprint voucher.
  • Bisa dijadikan hadiah atau dipindahtangankan secara praktis. Cukup forward SMS atau email kode voucher. 😉
  • Kota “jajahan” lebih banyak.
  • Ada layanan live support 24 jam, dan ada fasilitas pengiriman transkrip chatting ke email pengguna.
  • Nominal harga yang ditawarkan cenderung lebih rendah, sehingga pelajar dan mahasiswa pun bisa merasakan keuntungannya.
  • Sementara situs daily deal lain biasanya menawarkan deal kuliner saja atau gaya hidup saja, Diskon.com menawarkan keduanya.
  • Ada klasifikasi penawaran “kuliner” dan “gaya hidup” yang memudahkan pencarian.
  • Tidak ada syarat minimum deal untuk menentukan apakah suatu tawaran jadi melepaskan deal atau tidak. Di situs daily deal lain, ada yang menggunaan sistem syarat deal minimum.

Tapi di balik kelebihan-kelebihannya, ada pula kekurangannya:

  • Belum ada beberapa elemen penting pada situs yang sudah saya bahas sebelumnya.
  • Belum ada fasilitas “remember me,” sehingga untuk masuk ke situs Diskon.com, pengguna harus memasukkan username dan password berulang-ulang.
  • Jumlah penawaran di luar kota Yogyakarta masih sedikit.
  • Belum ada versi mobile.
  • Belum ada sistem kredit. Sistem kredit akan memudahkan transaksi dengan nominal yang tidak terlalu besar. Dari ketiga bank yang digunakan untuk bertransaksi, hanya BCA yang mengijinkan transfer uang minimal Rp 10.000,00. Selebihnya, Bank Mandiri dan BNI hanya mengijinkan transfer minimal Rp 50.000,00 (kecuali jika transaksi dilakukan melalui SMS banking atau internet banking. Sistem kredit juga bisa dijadikan peluang bagi pelanggan setia untuk memperoleh keuntungan. Misalnya kredit Rp 25.000,00 bisa diperoleh dengan membayar hanya Rp 23.000,00.

.

Pengalaman Ber-Diskon.com

Kurang lengkap rasanya membuat review tanpa mencobanya sendiri menjadi pengguna atau pelanggan situs ini. Kebetulan sekali, deal yang ditawarkan di kota Bandung baru ada satu, yaitu Brew & Bite, sebuah kedai kopi di Trans Studio Mall… cocok sekali dengan saya sang pencinta kopi. 😀

Setelah mendaftarkan diri di Diskon.com dan mengklik tombol “BELI” pada deal yang kita pilih, maka akan muncul halaman seperti ini:

Setelah memilih bank yang akan saya gunakan untuk mentransfer uang, dan mengklik “complete order,” saya mendapatkan email dan SMS berisi nomor rekening tujuan dan nominal yang perlu dibayar, serta perintah untuk melakukan konfirmasi pembayaran.

Informasi via SMS

Potongan informasi via email

Setelah saya melakukan konfirmasi pembayaran, dan pihak Diskon.com melakukan approval, saya mendapatkan kode voucher melalui SMS dan email seperti ini:

Informasi via SMS

Potongan informasi via email

Saya senang sekali karena voucher pesanan saya bisa saya dapatkan dalam hitungan menit. Biasanya situs daily deal lain melakukan proses ini minimal selama satu hari.

Tapi ada hal yang membuat saya cukup bingung. Di SMS, tanggal penggunaan voucher yang tertera adalah 1 Juli – 1 Agustus 2012, sedangkan di email, tanggal penggunaan voucher ada 2 versi, yaitu 1 Juli – 1 Agustus 2012 dan 24 Juli – 6 Agustus 2012.

Saya kemudian menghubungi customer service yang sedang bertugas di layanan live support pada situs Diskon.com. Sesaat setelah chatting selesai, transkrip chatting langsung dikirimkan ke email.

Ternyata memang terdapat kesalahan pada sistem mereka. Atas kekeliruan ini, mereka mengajukan permohonan maaf baik secara langsung saat chatting maupun secara resmi melalui email beberapa menit setelah chatting selesai. Ternyata, petugas Diskon.com benar-benar cepat tanggap, padahal saat itu hampir tengah malam, hehehehe… 😀

Dari pengalaman pertama ini, saya bisa menyimpulkan bahwa bertransaksi dengan Diskon.com sangatlah mudah, cepat, dan nyaman. Sebagai pengguna, saya merasa sangat dibimbing untuk melakukan langkah-langkah yang harus saya ambil secara runut. Ditambah dengan penyelesaian masalah yang sangat cepat dan mengusung sportivitas, menurut saya pelayanan Diskon.com sangatlah memuaskan.

.

Saran untuk Diskon.com

Walaupun banyak yang gulung tikar, dewasa ini banyak bermunculan situs daily deal baru yang tak kalah inovatif dibanding Diskon.com. Iseng-iseng saya mencari tahu popularitas Diskon.com dengan mengetikkan kata kunci “diskon” di mesin pencari google.co.id.

Pada hari-hari biasa, Diskon.com berdiri dengan gagahnya di posisi kedua. Namun pada saat weekend, misalnya pada Minggu 15 Juli 2012, sekitar pukul 13:50 WIB, posisi Diskon.com merosot ke posisi ke-4. Fluktuasi ini menunjukkan bahwa persaingan di antara situs daily deal Indonesia ternyata cukup ketat.

Agar tidak kalah saing dengan situs-situs serupa lain, Diskon.com perlu melakukan perbaikan-perbaikan dan inovasi-inovasi baru, salah satunya adalah melengkapi situs dengan beberapa elemen penting yang saya sebutkan di atas. Diskon.com juga perlu melakukan perbaikan sistem/manajemen sehingga kasus “salah tanggal” seperti yang menimpa saya tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Usulan inovasi-inovasi lain seperti pembuatan sistem kredit dan situs versi mobile juga tak kalah penting untuk dipertimbangkan. Lebih jauh, untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, Diskon.com bisa berinovasi dengan melakukan bagi-bagi hadiah atau memberi reward untuk pelanggan setia, misalnya pelanggan yang sudah 10 kali bertransaksi di Diskon.com akan mendapat voucher gratis makan di lokasi X (disesuaikan dengan kota domisilinya).

Terakhir, jangan lupa untuk memperbanyak penawaran deal di Bandung ya. :mrgreen:

Semoga Diskon.com bisa bertahan lama, sehingga hasrat berburu diskon saya tidak perlu dinonaktifkan, hehehe… 😀

Kamu punya hobi dan hasrat yang sama seperti saya? Tunggu apa lagi? Ayo gabung dengan Diskon.com dan sambar diskonnya! :mrgreen: Catet, daftar jadi member Diskon.com GRATIS loh! (Klik link-link di bawah ini untuk terhubung secara langsung dengan Diskon.com).

      

***

Keterangan:

Review situs Diskon.com pada tulisan ini didasarkan pada pengamatan pada tanggal 13-15 Juli 2012, dengan menggunakan sistem operasi Windows 7  dan browser Google Chrome versi 20.0.1132.57.

Advertisements

59 thoughts on “[Site Review] Diskon.com dan Hasrat Berburu Diskon

  1. ijin bukmark dolo lah….

    minggu pagi malas baca yang panjang2….
    *walopun begitu akhir2 ini awa mulai doyan belanja onlen, ndak sadar kondisi simpenan sedang tidak sehat* 😛

    • Kya kya…. blog saya dikunjungi arek Suroboyo. Sayangnya penawaran buat kota Surabaya belum ada nih caca Eric. Harap bersabar ya. 😀

      *lama-lama saya jadi marketing diskon.com*

    • Hahaha, kamana atuh kasep? :mrgreen:

      Sejauh ini keknya baru ada kuliner sama gaya hidup aja. Mungkin ke depannya bakal ada penawaran barang2 elektronik, spt yang dilakukan situs daily deals lain 😀

    • Kalau saya sebagai yang nulis review-nya sih percaya-percaya aja sama situs ini. Kalau orang lain sih tergantung cara pandang masing-masing. Ga sedikit loh orang yang ga percaya sama situs daily deals. 🙂

    • Rata-rata sih 50% ke atas. Kalau cuci gudang kayanya belum pernah deh. Tapi bisa jadi ide bagus tuh… Mudah2an tim R&D dan marketing diskon.com baca ini ya, hehehehe :mrgreen:

      • Oh, Ari sangap toh…. kan biasanya ditulisnya “Arie” 😛

        Ngidam seputar makanan aja kali ya… Sayangnya ga ada voucher rujak nih :mrgreen:

      • dohhhh…
        ngobrolin makanan pula… lagi puasa nih me -_-

        eh ada diskon yang bagus ga buat oleh2??

      • Cobak dicek aja ngap di situsnya. Tapi biasanya sih vouchernya cuma bisa ditukerin buat makanan yang dimakan di tempat, bukan buat yang dibungkus. Mungkin kurang cocok buat oleh-oleh… cocoknya buat nraktir gebetan kow kan-makan di Bandung atau Jakarta :mrgreen:

  2. Hai, kamu sepertinya suka ikutan blog contest yah?
    gimana kalo kamu mengasah kemampuan kamu sambil cari uang jajan di contest Blog CarMall.com?
    lumayan loh hadiahnya sampe 12 juta totalnya, mumpung pesertanya masih sedikit nih, kesempatan menang kamu lebih besar. Ayo ikuti!
    klik link ini yah CarMall.Com Contest
    Ikut yah 😀

  3. Tiap orang memiliki hasrat yang berbeda. Negara kita, negara yang begitu banyak ragam dan budayanya. Nah, tentang diskon ini memang sudah tradisi yang tidak bisa dihilangkan dari pribadi kita. Saya pun kalau melihat ada diskon yang besar, bawaannya mau beli dan bayar. Hehehe

    Salam kenal 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s