Aljabar

Beberapa hari lalu saya menemukan sebuah note di Facebook:

Hey, try to solve this problem!

Edison: “Give me one dollar, then i’ll have twice as much money as you, Nikola!

Tesla: “No Tom, you give me one dollar! Then we will have both the same amount of money.”

How many dollars has got each?

—-

Apakah teman-teman bisa langsung menebaknya? Karena formulasinya masih sederhana, jawaban dari pertanyaan ini sangat mungkin untuk ditebak dengan mudah tanpa perlu membuat persamaannya.

Tapi karena saya lagi kurang kerjaan, saya coba selesaikan soal ini secara jantan. *eh*

Kesimpulannya, Edison punya 7 dollar, sedangkan Tesla punya 5 dollar.

Saya jadi ingat masa-masa SD dulu, ketika belajar adalah sesuatu yang menyenangkan dan akan saya lakukan tanpa disuruh orang tua. Dulu saya suka sekali matematika, dan aljabar adalah salah satu bab pelajaran favorit saya pada mata pelajaran ini selain trigonometri dan logika. Sayangnya perkuliahan di kampus gajah duduk membuat saya kini benci matematika. Apalagi setelah kenalan sama si integral lipat tiga.. (dafuq did I just study?  T.T)

Terus? Ya udah, gitu aja. Cuma pengen cerita kalau saya dulu suka sekali matematika.

Maaf ga penting. :mrgreen:

10 thoughts on “Aljabar

  1. Hahahahaha …
    Saya ?
    mmmmmm … ya lumayan lah …
    Matematika menurut saya adalah ilmu logika …
    ilmu menemukan “n” , “e”, “x” … dan variable-variable lainnya

    Salam saya Rime

  2. hehehe…. matematika…. paling susah dulu aku ya di situ…. mumet uy… pernah debat ama dosen gara-gara karakter “=” sewaktu jaman kuliah kemarin. 😀

  3. mbak saya mau ngucapin mohon maaf lahir batin,
    biar rada nyambung dgn tulisan, saya juga mau komentar (penyakit sok tau saya kambuh).
    ini komentar saya : klo nggak salah ini pelajaran kelas 3 (3 apa ya saya lupa, sd, smp ato sma), bisa dikerjakan dgn cara subtitusi, eliminasi dan campuran (wah,, klo salah saya minta maaf lagi dah)

Leave a Reply

